27

Kesalahan Ini Bikin Liburan Saat Musim Hujan Berantakan

Musim hujan memang bukan penghalang untuk berwisata. Tetapi ada beberapa faktor yang perlu dicermati agar liburan tak sia-sia. Faktor yang biasanya datang dari kelalaian diri sendiri.

Karena, bagaimanapun juga, musim hujan memang dikenal sebagai musim yang tak bersahabat. Membuat para pelancong tidak bebas bergerak, ancaman banjir, ombak besar di sekitar pantai, sampai terganggunya jadwal sistem transportasi. Sedang di daerah pegunungan, hujan menghasilkan suhu yang sangat rendah dan kabut tebal, yang belum tentu bisa diterima dengan mudah oleh pengunjungnya. Lebih menjengkelkan lagi, sesampainya di sana, ternyata lokasi ditutup.

Tetapi keinginan untuk berlibur sudah tak bisa dibendung lagi. Harus ada cara untuk mengakalinya. Sebab liburan sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa ditunda. Hujan boleh bebas turun, tetapi liburan juga harus tetap berjalan. Hanya saja triknya yang mesti diubah, supaya tetap terselenggara dan memenuhi kebutuhan liburan Anda sekeluarga.

Di sisi lain, ketahui beberapa faktor yang membuat liburan bisa gagal berantakan. Buat perencanaan yang matang tentang lokasi dan waktu kunjungan. Serta rencana cadangan guna mendukung liburan agar tetap seru dan menyenangkan.

Memilih ruangan terbuka

Sepertinya pilihan wisata di ruangan terbuka tidak cocok saat musim hujan. Bisa-bisa di sana Anda hanya berteduh, duduk-duduk, dan melepas pandangan saja. Belum lagi bila hujan turun dengan durasi yang lama. Lokasi tak lagi menarik untuk dijelajahi. Pilih tempat liburan yang berkonsep indoor. Seperti museum, aquarium raksasa, tempat bersejarah, tempat kuliner, dan sebagainya.

Tempat menginap tak sesuai harapan

Alternatif liburan bisa diharapkan pada tempat menginap. Mungkin resort atau hotel yang dapat memenuhi semua harapan liburan, tanpa harus keluar area. Contohnya memanjakan diri dengan spa, sauna, atau menyantap hidangan koki yang andal.  Karenanya, teliti kembali bagaimana fasilitas hotel sebelum Anda melakukan booking. Percuma jika ternyata hotel tidak menyediakan aneka hiburan atau ruang yang memadai.

Salah kostum

Salah kostum termasuk faktor yang mengganggu liburan pada musim hujan. Tentunya pakaian yang lebih dibutuhkan adalah yang berbahan tebal dan mampu melindungi dari guyuran hujan. Jangan ragu untuk membawa pakaian lebih banyak. Sebagai ganti apabila baju yang dikenakan basah atau lembap. Juga sertakan jas hujan bila sewaktu-waktu Anda ingin berada di luar ruangan.

Menu tak tepat

Menu yang tak tepat bagi tubuh bisa mengancam liburan. Terlalu banyak menyantap makanan instan dan minuman dingin, yang justru mengundang masuk angin dan berbagai penyakit lainnya. Sebaliknya, konsumsi makanan yang lebih siap menghadapi efek negatif hujan. Disantap kala masih hangat, sehingga tubuh pun ikut menghangat.

Tidak mengintip ramalan cuaca

Rugi bila tidak mengintip ramalan cuaca. Sesekali tengok aplikasi yang memuat kondisi cuaca dalam beberapa waktu ke depan. Siapa tahu Anda dan keluarga ingin keluar sejenak dan melihat-melihat barang sebentar saja. Mengabaikan ramalan cuaca dari para ahlinya, sama dengan menyia-nyiakan waktu perjalanan. Jika memang hujan dipastikan turun, Anda bisa segera membuat agenda baru. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments