25

Rahasia Menjaga Perut Tetap Langsing

Perut langsing memang dambaan setiap orang. Menunjang penampilan dan tampil penuh percaya diri. Tetapi bagaimana menjaga perut tetap langsing seterusnya? Tentu ada rahasianya.

Ketahui juga bahwa perut yang langsing bisa menjadi indikator kesehatan. Menandakan tidak ada lemak yang bertumpuk secara berlebihan. Sehingga tubuh dinilai lebih selamat dari intaian berbagai penyakit.

Berbeda apabila seseorang memiliki perut buncit. Ditilik dari geraknya sudah terlihat kurang gesit dan kurang aktif. Ada ancaman beberapa penyakit, seperti kolesterol dan gangguan pencernaan.

Maka memperjuangkan perut tetap rata sudah benar adanya. Terlebih jika Anda mengupayakannya dengan cara-cara yang alami. Tanpa intervensi obatan-obatan kimia, yang justru dapat mengundang efek samping berbahaya. Cukup dengan menjaga pola makan dan aktivitas sehari-hari. Langkah yang sederhana tetapi luar biasa hasilnya.

Menjaga jenis makanan sehari-hari

Perut akan senang sekali memperoleh kiriman makanan yang bersahabat. Yakni jenis makanan yang berserat dan mudah diolah. Sehingga pencernaan tidak mengalami gangguan atau hambatan beroperasi. Misalnya berupa sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu, dan sebagainya.

Sedang perut tidak suka dengan jenis makanan berlemak dan sukar diproses. Membutuhkan tenaga besar dan waktu yang lama, tetapi makanan tak kunjung segera habis dari peredaran. Akibatnya menumpuk, tertimbun sebagai lemak baru, dan membuat perut membesar.

Tipe minuman yang mesti diwaspadai

Ada beberapa tipe minuman yang mesti diwaspadai bila ingin perut tetap langsing. Di antaranya minuman beralkohol, berkarbonasi, dan yang difermentasi. Tipe-tipe ini hanya sedikit membakar lemak bahkan menghalangi hormon di dalam tubuh untuk menyingkirkan lemak. Alhasil, semakin rutin menegak mereka, semakin tebal lemak dalam perut Anda.

Aturan makan

Berupaya mendapat perut langsing bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Bahkan Anda tetap diperbolehkan tiga kali makan besar seperti biasanya. Ditambah camilan. Hanya saja, perhatikan menu yang dikonsumsi agar perut tidak membengkak. Contohnya mengganti camilan untuk mengganjal perut yang lapar dengan potongan buah, smoothies, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

Selain itu setelah makan jangan langsung berbaring atau tidur dalam posisi telentang. Tunggu hingga satu atau dua jam setelahnya. Tidur selepas makan membuat pencernaan tidak bekerja sebagaimana mestinya dan mengganggu metabolisme tubuh, terutama bagian pencernaan. Otomatis perut ikut membesar dengan konsekuensi ada bayang-bayang penyakit yang siap menerkam.

Olahraga rutin

Lakukan olahraga rutin guna menyokong bentuk perut. Mulai dari olahraga kardio, crunch, push up, latihan dengan memusatkan bagian tengah tubuh, dan sebagainya. Olahraga berupa jalan kaki juga bisa membantu. Serta ingat, saat melakukan olahraga, tegakkan posisi tubuh dan kencangkan perut. Cara ini diyakini bisa melatih otot perut sehingga perut terlihat kencang dan tetap menyehatkan dalam jangka waktu yang lama.

Tetap bahagia

Di samping itu, rahasia yang lain adalah tetap bahagia. Berusaha dengan penuh sukacita tanpa harus berduka. Sabar menanti hasil dengan terus berupaya. Bila Anda mengalami sebaliknya, sedih bisa dilampiaskan dengan mengonsumsi makanan berlebihan. Tentu bentuk perut yang langsing hanya diangan-angan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments