04

Berbagai Cara Mengisi Masa Pensiun

Menyiapkan masa pensiun bukan sebatas perkara finansial yang matang. Ada beberapa ide menarik yang bisa dilakukan. Sebab bagaimanapun pelakunya harus tetap produktif dan bermanfaat.

Pasalnya pensiun identik dengan tidak melakukan apa-apa. Bila sebelumnya sibuk ke kantor dan rutin menerima gaji per bulan, kini hanya menganggur di rumah dengan mengandalkan sisa pemasukan seadanya. Kondisi yang cenderung membuat para pensiunan tak lagi percaya diri dan lesu menjalani hari-harinya.

Karenanya, aktivitas yang bermanfaat dibutuhkan guna membantu mereka. Walau tidak selalu menghasilkan uang. Minimal memberi rasa tetap berdaya. Memberikan suntikan semangat dalam kehidupannya. Serta menyakinkan bahwa sisa usia masih tersisa dapat digunakan sebaik-baiknya. Sehingga pensiun tidak lagi didominasi kegiatan di rumah saja. Melainkan tetap hadir di tengah-tengah hiruk pikuk keramaian. Seperti sebelum-sebelumnya, seperti masa-masa bekerja dulu.

Menekuni hobi

Menekuni hobi menjadi salah satu caranya. Pensiun menyediakan waktu yang lebih lama untuk menikmatinya. Tidak terbatas atau hanya setengah-setengah saja. Misalnya kegemaran memancing, melukis, otak-atik otomotif, berkebun, memelihara ternak, dan jenis hobi lainnya. Anda lebih santai selama mengerjakannya. Selain itu, pikiran menjadi tenang dan puas setelah melakoninya. Hidup pun terasa memiliki waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

Pelesir dengan pasangan

Pensiun juga momen tepat untuk pelesir dengan pasangan. Terutama bagi pasangan yang menjalani long distance relationship cukup lama. Kali ini Anda memiliki waktu yang lebih longgar dengan yang tersayang. Mengunjungi berbagai tempat dan pemandangan di sekitarnya. Apabila hanya berdua dan faktor kesehatan telah digerogoti usia, coba ambil liburan di low season. Sehingga Anda tak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang.

Mengunjungi sanak keluarga

Banyak juga yang mengatakan bahwa pensiun adalah saatnya kembali ke keluarga. Anda dapat mengunjungi anak-anak yang masih kuliah di luar kota atau yang telah berumah tangga. Menyediakan waktu khusus bermain dengan cucu. Atau saudara kandung yang juga sangat merindukan kehadiran Anda. Menjalin kasih dan kehangatan dengan keluarga akan memberikan sentuhan yang bermakna.

Relawan sosial

Atau menjadi relawan sosial. Membantu mereka yang membutuhkan jasa-jasa Anda. Misalnya tergabung dalam kepengurusan lingkungan setempat, mengajarkan keterampilan tertentu bagi siapa saja yang mau, tergabung dalam komunitas belajar gratis untuk anka-anak jalanan, memberantas buta huruf, serta memberikan pemeriksaan kesehatan cuma-cuma bagi Anda yang berprofesi medis.

Reuni

Anda juga dapat lebih sering bertemu dengan kawan-kawan lama. Teman sekolah, orang-orang yang pernah menjadi rekan kerja, atau dulu pernah menjadi tetangga. Mengenang masa lalu yang lucu dan menyenangkan. Dan mungkin dapat saling menolong saat salah satu berada dalam kesulitan.

Bekerja lagi

Pensiun secara resmi tidak menutup jalan untuk bekerja kembali. Meski bukan profesi yang sama. Banyak pesangon pensiun yang dijadikan modal membuka usaha. Sehingga tetap ada pemasukan dan kegiatan rutin yang dijalankan setiap hari. Aktivitas atau rutinitas yang justru membuat para pensiunan tidak merasa pensiun. Tetap aktif dan berdaya dengan usia senjanya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments