03

Teliti Memilih Agen Properti

Agen properti menggantikan posisi ketika kita tak bisa menangani proses penjualan rumah. Tentunya ada banyak pertimbangan sebelum memilihnya. Lakukan dengan cermat dan teliti agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Umumnya agen properti hadir karena kita berada dalam kondisi yang khusus. Seperti letak properti yang jauh dari domisili saat ini sehingga tak memungkinkan untuk sekadar bolak balik mengurusnya. Juga karena kesibukan yang sangat menyita waktu. Atau kemampuan agen yang dinilai lebih cepat menggaet konsumen secara lebih luas dibanding bila dilakukan pribadi.

Tren pasar juga menunjukkan animo yang lebih tinggi pada agen dalam pencarian properti. Kepercayaan ini didasarkan oleh kapasitas agen dalam menyaring status properti. Terjamin legal dan sah surat-surat yang menyertainya. Menghindarkan pembeli dari kasus yang pelik seperti masalah perdata. Akhirnya properti cepat terjual dan Anda pun diuntungkan.

Profil dan reputasi

Profil dan reputasi sebuah agen properti sangat penting untuk dicermati. Termasuk pihak perseorangan yang langsung berhubungan dengan Anda. Terkait rekam jejak, pengalaman, berapa lama, aneka jenis properti yang telah dijual, sampai tingkat kepuasaan konsumen. Jika ada kesempatan, temui beberapa orang yang telah menggunakan jasa mereka sebelumnya.

Tarif jasa normal

Bandingkan tarif jasa antara satu agen dengan agen yang lain. Tidak sepenuhnya tarif jasa menentukan kualitas pelayanan. Biasanya tarif jasa belum diikuti dengan penyebutan angka pengurusan surat rumah atau akta ke notaris. Sehingga Anda harus mengulik lebih dalam, berapa angka riil yang mesti dibayar pada mereka. Termasuk keharusan dibayar sekaligus hingga lunas atau menunggu sampai properti berhasil dipindahtangankan.

Interview menyakinkan

Dan sampailah saat bertatap muka dengan pihak agen. Jangan ragu untuk mengajukan banyak pertanyaan tentang penjualan properti dan berbagai seluk beluknya. Cerna dalam-dalam bagaimana reaksi mereka merespon pertanyaan dan kebutuhan Anda. Agen properti yang baik akan terlihat dari keseriusan mengupayakan yang terbaik. Di samping tetap membawa keuntungan dalam hasil penjualan.

Memahami pasar lokal

Selain itu, pilih agen properti yang memahami peta pasar lokal. Mengerti alur penjualan yang disukai pembeli setempat, siapa saja calon ideal yang perlu disasar, mengetahui ambang batas harga yang aman, dan tidak lagi gugup menyelesaikan urusan legal yang cukup panjang. Keahliannya juga perlu ditilik dalam menyelesaikan masalah, yang mana bukan mencari aman, melainkan win-win solution.

Testimoni positif

Baca kembali testimoni kinerja mereka. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kini komentar bisa didapat dari laman yang memuat properti atau media sosial. Komentar positif menunjukkan kepuasan, sedangkan yang negatif menunjukkan yang sebaliknya. Anda tinggal mengamati porsi mana yang lebih banyak ditujukan pada agen.

Wajar dalam kontrak dan janji

Agen properti juga harus wajar dalam pembuatan kontrak perjanjian. Meliputi penegasan batas waktu penyelesaian administratif begitu properti laku terjual tanpa bertele-tele, mekanisme transfer uang ke rekening Anda, pungutan pajak, dan sebagainya. Serta pastikan, Anda terhubung dengan perwakilan agen yang tetap. Tidak diganti-ganti tanpa pemberitahuan sama sekali. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments