02

Menebar Kasih Sayang pada Sesama

Kasih sayang pada sesama menjadi kunci keselarasan hidup. Keberadaanya dibutuhkan untuk merawat kedamaian dan ketentraman. Perlu disebarkan pada orang-orang yang kita kasihi maupun pada mereka yang berbeda.

Karena sejatinya perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipertentangkan. Melainkan kekayaan akan keanekaragaman yang patut disyukuri. Juga perlu dijaga dan dirawat seutuhnya. Dari rongrongan dan berbagai gejolak yang sering memprovokasi perpecahan. Hanya kasih sayang yang mampu menjawabnya.

Kasih sayang yang disebar terus menerus dan terawat dari dalam, diyakini mampu menangkal konflik horizontal. Khususnya yang menyangkut suku dan agama. Membuktikan bahwa ikatan cinta kasih yang erat bukan melebur perbedaan, tetapi menyediakan lahan yang selaras untuk sama-sama berjalan. Saling berinteraksi, berkomunikasi, dan tolong menolong tanpa mengganggu nilai-nilai yang diyakini. Hingga tak lagi mempedulikan bisikan-bisikan jahat agar mau saling menjatuhkan dan mengunggulkan identitas masing-masing.

Membuka pikiran dan diri

Mulai dari membuka pikiran dan diri. Menerima bahwa adanya perbedaan adalah hal yang wajar. Fitrah dalam kehidupan, sekaligus merupakan hadiah dalam kemanusiaan. Jadi tidak terhalang sebagai tantangan atau rintangan. Dengan begitu, menebar kasih sayang lebih mudah dan tanpa memandang batas kelas atau kelompok tertentu.

Berpikir sebelum berucap dan bertindak

Kasih sayang juga tercermin lewat ucapan dan tindakan. Pikir masak-masak sebelum Anda merespon segala hal di depan mata. Terutama bila sudah menyinggung kepentingan pihak-pihak yang berbeda. Sebaliknya buru-buru memberikan komentar, meski kalimat pendek, sama saja seperti menyalakan bara api permusuhan. Seandainya Anda dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan, coba sampaikan lisan yang netral. Jadi lebih menyelamatkan keadaan dan tali persaudaraan di antara sesama.

Menerima perbedaan

Menerima perbedaan akan tampak dari keramahan dan harmoni sehari-hari. Interaksi yang hangat, komunikasi yang intens dan bermakna, menolong tanpa melihat status budaya atau agama, serta tak pamrih mengharap balasan atas pertolongan. Di sisi lain, juga terlihat dari penghormatan pada pelaksanaan nilai-nilai yang dianut oleh mereka.

Berbagi kebahagiaan

Menebar kasih sayang juga bisa dilakukan dengan berbagi kebahagiaan. Contoh sederhananya seperti saling berbagi makanan dalam rangka perayaan hari besar agama. Dapat pula saling mengunjungi yang sakit atau terkena musibah. Tidak lain untuk menghadirkan hiburan di tengah-tengah duka. Semakin mengukuhkan rasa saling memiliki satu sama lainnya.

Membantu mengentaskan masalah

Ketika mereka dihadapkan pada masalah, kasih sayang itu muncul berupa uluran tangan. Tidak melulu donasi atau materi, tetapi dapat juga tenaga, dukungan, serta pendampingan. Membuat mereka mempunyai teman dan saudara yang bisa hadir setiap saat. Saling menguatkan dan menyakinkan bahwa masalah bisa dientaskan.

Memaafkan

Serta maafkan atas konflik yang telah terjadi. Tidak memendam amarah atau rasa ingin membalas. Tenangkan diri dan mulai analisis dari awal bagaimana konflik muncul antara Anda dan dia (mereka). Mungkin saja mereka tidak memahami bahwa tindakannya telah menodai keyakinan yang berbeda. Tanpa harus menunggu, rajut kembali silaturahmi dengan kasih sayang yang tulus dari Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments