01

Pentingnya Evaluasi Hubungan Bersama Pasangan di Tahun Baru

Tahun baru telah tiba. Sambutan yang luar biasa disiapkan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan perayaan dan merilis resolusi. Tetapi lebih banyak untuk diri sendiri. Padahal berevaluasi bersama pasangan tidak kalah menariknya.

Ya, membuat resolusi bersama memang belum tenar. Tapi tetap tak salah melakukannya berdua mengingat sarat akan manfaat. Baik efeknya untuk Anda maupun bagi pasangan. Selain itu berimbas positif bagi anak-anak, bila sudah ada.

Tak perlu muluk-muluk dan melulu tentang hal yang besar. Anda dapat mengintip kembali dari rutinitas sehari-hari setahun belakangan ini. Atau mengagendakan kembali cita-cita yang ingin dicapai setahun ke depan. Berikut metode-metode yang disukai, atau tanpa harus menuliskan cara mewujudkannya. Alias membiarkan segala sesuatunya mengalir sendiri tanpa terikat rencana tertentu.

Pada akhirnya evaluasi bukan hanya sekadar catatan atau pengingat semata. Ia juga menjadi pegangan berdua. Bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi pengikat menuju pribadi yang lebih baik. Di mana akhirnya, pribadi yang membaik akan menuntun pada jalan yang baik pula.

Walau terkadang, evaluasi harus mengulik kembali masalah yang telah berlalu. Namun, jangan pesimis. Evaluasi juga memungkinkan adanya solusi agar masalah tak terulang kembali.

Mana yang telah sukses dan mana yang gagal

Dengan membuat daftar di tahun sebelumnya, Anda dan pasangan akan lebih mudah mengingat mana yang telah sukses diraih dan mana yang gagal. Sekaligus memberitahukan cara-cara yang lebih efektif untuk merawat kesuksesan dan meningkatkan daya upaya supaya kesalahan tidak terjadi lagi. Jika Anda tidak mampu melakukannya karena berbagai keterbatasan, barangkali pasangan bisa langsung menyediakan tenaga dan pemikiran.

Apakah ingin tetap atau bertambah?

Evaluasi juga sering menyinggung eksistensi kondisi saat ini. Jangan ragu untuk saling menanyakan tentang kepuasan masing-masing. Terhadap kepemilikan jumlah aset sampai emosional yang ditujukan satu sama lain. Ingin tetap seperti sekarang atau lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Sehingga saling mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan.

Demi finansial dan cita-cita bersama

Pembahasan evaluasi juga bermanfaat untuk penyelamatan finansial dan menuju cita-cita bersama. Memikirkan berdua bagaimana mengurangi pengeluaran dan menambah tabungan. Atau barangkali pengeluaran harus lebih diutamakan untuk kebutuhan prioritas. Mekanisme pengendalian diri pun dipikirkan bersama-sama. Jauh dari egoisme dan tekanan salah satu pihak.

Mengenali kembali dan saling menguatkan

Serta, yang tak kalah pentingnya, evaluasi bersama pasangan menjadi jalan untuk mengenali kembali. Lewat daftar yang dibuat, Anda atau dia mampu mencerna isi hati yang selama ini hanya dipendam atau terlewatkan. Seperti impian berlibur selama sebulan penuh, ide-ide gila, desain rumah yang diimpikan, dan sebagainya. Tidak berhenti di sini. Evaluasi juga mengajak untuk saling menguatkan. Terutama setelah terungkapnya berbagai masalah yang sering dihadapi oleh Anda  atau pasangan.

Mempertahankan hubungan

Dari saling menguatkan berlanjut ke mempertahankan hubungan. Pasca mengetahui problema dan keinginan masing-masing selama setahun yang lalu dan yang akan datang, Anda berdua akan dihadapkan bagaimana cara berjuang bersama. Tak lagi sendiri, tetapi hasil pemikiran dua kepala dan lebih baik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments