31

Atasi Lembur di Malam Tahun Baru

Menjelang malam tahun baru, ketika orang lain memposting foto liburan, Anda malah lembur kerja hingga malam? Hati-hati. Terkadang lembur memang tidak bisa dihindari. Namun bila terlalu sering terjadi tentu ada efeknya, terutama pada kesehatan dan produktivitas. Intip rahasianya agar urusan kerja tak terganggu.

Pasalnya, menurut penelitian, orang yang sering lembur kerap mengabaikan faktor kesehatan dirinya. Memilih makanan yang tak sehat dan mengurangi jam istirahat. Dampaknya mayoritas terkena serangan jantun, stroke, hingga diabetes.

Sedang lembur yang telah menggerus stamina berpengaruh pula pada performa kerja. Seperti gangguan konsentrasi, rendahnya semangat, dan terhambatnya kreativitas ke permukaan. Otomatis, karena lembur, segalanya jadi kurang terkontrol.

Pola makan terjaga

Pola makan harus tetap terjaga. Teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Tidak diakumulasi agar lebih hemat waktu. Misalnya tidak makan siang dan langsung digabung di makan malam. Bila demikian, metabolisme tubuh terganggu.

Kandungan gizi

Dalam memilih menu makan, perhatikan kandungan gizi dan porsi. Karena organ-organ tubuh perlu nutrisi untuk bekerja dengan optimal. Otak misalnya, membutuhkan karbohidrat untuk bekerja. Tetapi bukan pula berarti Anda harus makan banyak, yang penting cukup, artinya Anda tidak merasa lapar maupun kekenyangan. Pilih makanan yang mengndung karbohidrat, berprotein, berlemak baik, dan bermineral. Begitu pula saat memilih camilan. Jangan lupa, sayur dan buah tetap contoh terbaik yang dapat dijadikan teman lembur Anda.

Hindari kafein dan gula

Hindari minuman berkafein. Misalnya kopi dan teh. Walau kopi terkenal mampu mengerek mata melek lagi. Hindari pula minuman bersoda dan minuman yang manis. Kebiasaan menegak jenis-jenis minuman ini hanya akan menyisakan akibat negatif pada tubuh. Sebagai gantinya, ambil segelas air putih. Lebih sehat sebab efektif melancarkan peredaran darah dan mendukung kinerja berbagai organ tubuh.

Jeda sesaat

Kenali sinyal-sinyal rasa lelah tubuh. Mata mengantuk dan punggung terasa capek, misalnya. Artinya lembur harus dihentikan sementara dan Anda sebaiknya segera mengambil jeda. Seperti tidur beberapa menit atau tidur yang cukup lama di siang hari. Bangun pun badan lebih segar serta konsentrasi terpasang kembali.

Peregangan otot

Selain itu, jeda lain yang perlu dilakukan adalah peregangan otot. Cukup dengan melakukan gerakan olahraga ringan di tengah-tengah lembur. Sedikit gerak badan akan menggaransi kesehatan dengan aman.

Atur perangkat kerja

Atur perangkat kerja yang menyertai lembur Anda. Di antaranya pencahayaan layar komputer yang tidak terlalu redup atau silau, sinar lampu cukup di ruangan, posisi kursi pas untuk bentuk punggung, dan sebagainya.

Buat daftar kerja  

Lalu buat daftar kerja selama periode tertentu. Daftar ini akan sangat membantu Anda memilah prioritas yang mesti diutamakan. Sehingga Anda terhindar dari kurangnya konsentrasi sampai faktor lupa yang banyak terjadi karena lembur terus menerus.

Segera kerjakan

Di sisi lain, segera kerjakan lembur Anda begitu waktunya tiba. Tak perlu ditunda dengan alasan yang kurang jelas. Apalagi yang sifatnya hanya bersifat hiburan belaka. Semakin cepat lembur dituntaskan, semakin banyak waktu untuk beristirahat. Guna menyiapkan diri esok hari. Anda pun bisa segera pulang dan bertemu keluarga. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments