20

Menghapus Karat pada Perabot Rumah

Karat bukanlah sahabat. Karat hanya mengganggu pemandangan. Terlebih dapat merusak berbagai perabot rumah tangga. Karenanya, hapus dengan cara yang mudah dan murah.

Karat biasanya mudah dijumpai pada peralatan berbahan besi dan logam. Khususnya pada perabot besi yang jarang digunakan. Atau terus menerus terkena siraman sinar matahari. Atau karena perabot dari logam sering digunakan. Apalagi terguyur air dan dikeringkan berulang kali. Karat akan semakin cepat datang saat proses pengeringan tidak sempurna.

Perabot yang akhirnya telah mengalami karatan tidak menarik lagi digunakan. Misalnya peralatan makan, pajangan di dalam rumah, engsel pintu dan jendela, pagar besi, hingga kaki meja kursi yang tak lagi enak untuk dilihat. Selain itu, memakai perabot karatan bisa berbahaya. Bila pernik-pernik karat masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan. Juga penyakit lain yang tak kalah membahayakan.

Banyak bahan kimiawi yang tersedia di toko untuk membantu. Tetapi faktor harga membuat urung untuk membeli. Serta belum tentu aman dipakai. Bagi lingkungan maupun bagi diri sendiri. Seperti menyebabkan alergi pada kulit berupa gatal atau bintik-bintik merah. Sehingga cara lain pun harus dipikirkan. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami. Di mana mudah ditemukan dan berbiaya murah.

Minuman bersoda

Jika Anda gemar menenggak minuman bersoda, sisakan untuk menghapus karat dari perabot. Caranya dengan merendam perabot ke dalam cairan minuman bersoda dalam rentang waktu 30 menit hingga satu jam. Diamkan selama proses perendaman. Setelah itu gosok-gosok dengan kertas timah atau penggosok dari bahan keras. Bilas, dan karat pun hilang.

Cuka

Karat juga dapat hilang karena direndam cairan cuka. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan minuman bersoda tadi. Jika jumlah karat banyak, Anda dapat merendamnya. Tetapi jika hanya sedikit, Anda cukup menyemprotnya saja. Masukkan cuka ke dalam alat semprot, lalu arahkan pada bagian yang berkarat. Setelah itu gosok kuat-kuat.

Baking soda

Baking soda memang penolong bagi banyak pekerjaan. Termasuk menghilangkan karat. Anda dapat memulai dengan mengoles-oleskan baking soda di perabot berkarat dan diamkan selama setengah sampai satu jam. Biasanya karat yang sudah tertutup baking soda akan luntur dengan sendirinya. Namun bila ada bagian yang masih tersisa, Anda bisa menggunakan sikat untuk menyingkirkan bagian yang membandel.

Paduan lemon dan soda kue

Begitu pula dengan paduan lemon dan soda kue yang juga siap membantu. Peras lemon secukupnya dan campur dengan soda kue. Usahakan sampai berbuih dan tinggal membalurkan pada perabot yang berkarat. Waktunya juga sekitar 30 menit sampai satu jam. Perabot pun siap digosok dan dibilas agar kinclong kembali.

Saus tomat

Tak banyak yang menyangka bahwa saus tomat bisa digunakan untuk menyingkirkan karat. Saus berwarna merah ini tinggal dioles-oleskan pada karat dan diamkan beberapa saat saja. Ambil penggosok yang berbahan kasar atau sikat bekas untuk mempermudah pekerjaan Anda. Begitu selesai tinggal dicuci dengan sabun dan keringkan dengan sempurna. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments