14

Mencegah Uban Datang Lebih Awal

Uban datang seiring umur bertambah banyak. Tetapi bagi sebagian orang, uban bisa datang terlalu awal. Membuat usia sebenarnya tampak lebih tua. Cegah dari sekarang agar uban datang nanti-nanti saja.

Umumnya uban mulai muncul di atas usia 30 tahun. Namun sering pula terjadi di umur 20-an. Bahkan beberapa remaja sudah mengalaminya. Kondisi inilah yang disebut dengan ubanan terlalu dini. Sebab rambut putih datang terlalu cepat.

Dimulai dari ujung rambut yang berubah kelabu. Lalu lama-lama, tanpa dirasa, menjadi putih. Dari satu batang menjadi banyak. Seakan menular dan menyebar sempurna. Dihilangkan dengan cara dicabut pun tidak akan membantu. Uban tetap saja datang.

Penyebabnya sendiri ada bermacam-macam. Bisa karena faktor luar maupun faktor tubuh orang itu sendiri. Faktor luar, misalnya terpapar asap rokok terlalu sering dan dalam waktu yang lama. Sedang contoh penyebab dari dalam karena keturunan (genetik) dan penyakit tertentu.

Tapi tak perlu berputus asa. Uban dapat dihalau asal tahu caranya. Cara yang sehat dan alami lebih menguntungkan lagi. Tidak meninggalkan efek samping merugikan, juga tidak memakan biaya yang mahal. Rambut tetap hitam, isi kantong tetap aman.

Tunda memakai cat rambut

Bahan-bahan kimia dalam cat rambut ditengarai mempercepat kedatangan uban. Warna putih muncul sebagai akibat rusaknya warna asli. Di mana didahului oleh melemahnya akar, kerontokan, dan warna yang memudar. Warna rambut asal tergerus, tertutup oleh warna cat. Namun ketika warna cat menghilang, rambut tidak kembali seperti semula. Justru hadir dalam warna yang lain, yakni putih, alias uban.

Kelola stres

Jangan biarkan pikiran terjebak dalam kondisi stres yang terlalu lama. Stres yang berkepanjangan berpengaruh pada hormon yang membuat pigmen warna rambut melemah. Segera cari sumber stres Anda dan pengelolaan emosi yang lebih baik. Selain semata-mata untuk menjaga kesehatan mental, juga untuk menyingkirkan uban agar tidak cepat datang.

Jaga kebersihan kulit kepala

Kedatangan uban juga disebabkan oleh kotoran di area kulit kepala. Kotoran yang terdiri dari berbagai debu, kuman, dan sebagainya, bercampur aduk serta menutup pori-pori. Akar rambut tidak bisa menyerap nutrisi. Batang rambut menjadi layu, merambah pada pigmen yang semakin tidak memperkuat warna. Hasilnya rambut tidak lagi tampil prima.

Pijat dengan minyak rambut

Lakukan pemijatan dengan minyak rambut. Biasanya berupa minyak kelapa atau minyak kemiri. Namun Anda dapat menggunakan jenis yang lain, seperti minyak zaitun. Setelah dipijat, biarkan minyak diam beberapa saat sekaligus sebagai rangkaian masker rambut. Baru sesudahnya lakukan keramas seperti biasa. Dengan bantuan minyak, rambut lebih siap mempertahankan keaslian warna lebih lama dan lebih sehat.

Nutrisi rambut

Penuhi kebutuhan nutrisi rambut dari dalam. Bantu dia dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin B9, tembaga, zinc, serta mineral. Semuanya dapat Anda peroleh dari telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging, sapi, kacang mete, kacang hazelnut, dan almond. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments