09

Pilihan Wisata Menarik untuk Lansia

Wisata selalu menarik bagi segala usia. Bahkan di usia senja atau lansia, wisata tetap diminati. Bedanya, medan dan jenisnya perlu diperhatikan. Pertimbangkan faktor keamanan, tidak mengundang bahaya, serta mudah dijangkau oleh mereka.

Apalagi bila lansia hanya pergi seorang diri atau dengan teman seumur. Tanpa pendampingan dari yang berusia lebih muda. Wisata harus dipersiapkan dengan matang. Segala tetek bengek dan detail tidak boleh terlewatkan. Pendeknya, para lansia hanya tinggal berangkat, menikmati, dan pulang kembali. Tidak harus kerepotan lagi mengurus tiket dan akomodasi.

Tujuannya agar wisata yang dijalani bisa memberikan dampak yang maksimal. Misalnya sebagai pengisi waktu pensiun, menghadirkan ketenangan dengan melepas rasa lelah dan stres, juga sebagai ajang me time. Karenanya, persiapan dan pilihan lokasi yang pas akan sangat membantu. Termasuk cara hingga sampai ke sana. Pulang pun mereka tetap sehat dan lebih bahagia.

Pantai

Di dalam negeri maupun di luar negeri, banyak pantai dengan kawasan yang landai. Mudah dijangkau dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Lengkap dengan segala fasilitas. Jadi para lansia tidak perlu harus kepanasan atau sulit mencari makanan. Optimal menikmati semilirnya angin dan suara deburan ombak yang menenangkan. Sambil berjemur di bawah payung peneduh dan kelapa muda pengusir dahaga.

Danau

Para lansia yang ingin mendapatkan sensasi wisata air tapi tidak menginginkan suhu terik, bisa mengunjungi danau. Sekeliling alam yang hijau dan suhu yang sejuk memiliki daya pikat tersendiri. Walau tak harus menyusuri airnya, sekadar duduk santai sudah sangat mencukupi. Ditambah danau menawarkan suasana yang tenang dan damai.

Pemandangan gunung

Pemandangan yang dimiliki oleh gunung juga pilihan yang bagus. Terlebih jika selama ini lansia tinggal di dataran rendah. Pemandangan elok yang didominasi berbagai pepohonan hijau, udara yang dingin, dan keindahan lainnya akan meninggalkan kesan yang mendalam. Mungkin saja sesampai di sana mereka tak melakukan apapun. Hanya duduk santai dan menikmati alam sekitarnya.

Resort

Sengaja berlibur ke resort juga bisa dilakukan. Merupakan pilihan yang sangat baik, karena resort sudah menyediakan aneka kebutuhan. Dari kamar yang nyaman untuk beristirahat, spa dan sauna, kolam renang, gym, dan fasilitas lainnya. Selain itu, resort tidak banyak menyita tenaga. Karena jarak dari satu ruang ke ruang lainnya dapat ditempuh dalam waktu sebentar saja.

Desa wisata

Atau ajak mereka ke desa wisata. Desa yang membuat mereka tidak hanya berdiam diri, tetapi turut aktif menyelami tradisi dan aktivitas seru. Seperti menenun, mengerjakan kerajinan lokal, bertukar pengalaman dengan penduduk, dan sebagainya. Jadi, ada fungsi sosial yang menambah pengalaman.   

Kebun atau taman

Kebun atau taman yang sengaja dibuka untuk umum juga cocok. Tidak harus bertanamkan bunga, jenis tanaman langka atau apotek hidup juga akan menarik minat mereka. Apalagi dapat memetik sendiri, menu kuliner berbahan hasil kebun, dan bermanfaat bagi kesehatan luar dalam. Berwisata jadi multiguna. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments