04

Cara Jitu Menagih Utang ke Teman

Menagih utang ke teman memang bak makan buah simalakama. Tidak diminta tetapi diri sendiri membutuhkan. Sedang bila ditagih takut akan merusak hubungan pertemanan. Harus ada cara yang halus, namun tetap efektif, agar pertemanan tetap terjaga.

Terlebih ketika teman tidak segera menunjukkan itikad baiknya. Mengembalikan tanpa diminta. Relasi di antara Anda dan dia semakin terancam saat tersebut berbagai alasan menunda waktu pelunasan. Atau mulai mangkir setelah beberapa kali ditanya. Parahnya, sekarang ini, tidak sedikit yang berutang lebih galak dari yang punya piutang.

Sebenarnya Anda berhak memaksa pada teman. Tetapi dikhawatirkan hubungan ke depan tidak semulus yang dulu. Semua berantakan gara-gara uang. Tepatnya sikap teman yang tidak bisa diajak kerja sama. Apalagi bila teman memiliki sifat kepribadian yang mudah emosional. Cenderung menunjukkan reaksi berlebihan bila mendapat tekanan. Jadi, siapkan cara-cara yang terbaik, dan setelah uang sampai di tangan, Anda tetap menjadi temannya.

Cara yang fun

Coba lakukan dengan cara-cara yang fun. Santai tapi mengena. Dengan menggunakan bahasa pengantar yang gaul dan dalam suasana yang tidak terburu-buru. Misalnya saat sedang berjalan-jalan atau berada di rumah. Katakan saja bahwa Anda menginginkan uang kembali. Pasang mimik muka yang lebih bersahabat. Gesture tubuh yang lebih rileks. Sehingga teman bisa menangkap permintaan Anda dengan lebih jernih.

Pura-pura lupa

Bila tak mempan, Anda bisa menerapkan jurus pura-pura lupa. Dapat Anda praktekkan, misalnya, ketika Anda berdua pergi makan atau berbelanja barang. Pura-pura saja Anda tidak membawa dompet dan uang sepeser pun. Minta untuk teman membayar terlebih dulu.

Setelahnya Anda bisa berucap, “Terima kasih, ya. Anggap saja tadi sebagai pengurangan jumlah utangmu. Jadi utangmu tinggal sisanya saja.” Teman yang tadinya tidak berniat membayar sama sekali pasti langsung malu sendiri. Lebih malu lagi untuk tidak melunasi yang masih tersisa.

Todong di awal bulan

Bisa juga ketika dia baru menerima gaji di awal bulan. Sembari bercanda, luncurkan kata-kata satire. Seperti, “wah lagi banyak uang nih, bisa dong dicicil”. Todongan ini lebih ampuh lagi apabila teman lebih memilih untuk membelanjakan uangnya, daripada melunasi utang-utangnya. Membuatnya tak enak hati dan urung untuk mangkir lagi.

Gantian pinjam

Mainkan drama dengan berbalik meminjam uang padanya. Ceritakan suatu kebutuhan yang mendesak tetapi Anda tidak memiliki uang sama sekali. Sebutkan saja jumlah uang sama seperti yang teman pinjam sebelumnya.

Barangkali cara ini akan menggugah hatinya untuk segera mengembalikan. Mengingatkannya akan budi baik Anda dulu. Kini kesempatan baik berbalik menolong Anda saat berada dalam masalah. Sehingga relasi pun tetap terjaga.

Jasa teman lainnya

Jika Anda merasa tak sanggup untuk meminta, lebih baik minta bantuan orang ketiga. Terkadang cara ini lebih efektif tanpa Anda harus menyebut-nyebut dan tanpa bertatap muka. Tetapi ingatkan jangan sampai menggunakan sindiran atau ancaman. Karena bisa saja uang tidak kembali, hubungan dengan teman juga tidak terselamatkan. Kerugian malah bisa berlipat ganda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments