03

Toko Tanpa Kemasan Plastik di Bintaro

Toko Tanpa Kemasan Plastik

Masih ingat berita menghebohkan akhir November lalu? Seekor ikan paus sperma ditemukan mati di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dalam tubuhnya penuh sampah plastik. Persoalan sampah plastik memang tidak main-main. Karena itu sebuah toko baru berkonsep kreatif, Saruga, hadir di Bintaro.

Saruga merupakan toko pertama di Bintaro yang merupakan package-free shopping store atau toko yang tidak menyediakan kemasan atau kantong plastik untuk membawa produk yang telah dibelanjakan. Jadi pengunjung dipersilakan membawa tas kain sendiri jika ingin berbelanja di sini.

Konsep Baru

Toko yang terletak di Taman Bintaro, sektor 1 Bintaro ini, merupakan model bisnis ritel non-limbah. Ini merupakan konsep baru, sehingga perlu untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas, tidak hanya kepada masyarakat yang memang sudah mulai peduli terhadap lingkungan.

Dengan menyosialisasikan gaya hidup minim sampah, terutama sampah plastik, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan semakin tinggi. Sehingga   ekosistem dapat terjaga dengan baik.

Dari Bahan Pangan Hingga Sedotan

Saruga menjual produk bahan pangan seperti kacang-kacangan dan natural health care. Ada sekitar 360 produk yang dijual di sini. Termasuk sedotan yang terbuat dari stainless steel dan beragam tas yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Menurut Adi Asmawan dan Rida Zaki yang merupakan founder Saruga, misi mereka adalah memotong jalur distribusi dari sisi ritel dalam menekan laju sampah. Ini merupakan konsep jitu untuk meniadakan kemasan serta produk plastik sekali pakai untuk berpartisipasi dalam gerakan Dunia Tanpa Sampah atau Zero Waste Living. (RAW)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Rio Aribowo

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments