02

Aman Piknik ke Air Terjun

Jangan terlena dan menganggap sederhana air terjun. Dibalik kesegaran udara dan suara airnya yang menenangkan, ada aturan-aturan yang mesti dipatuhi. Semata-mata untuk keamanan dan keselamatan pengunjung itu sendiri.

Bila memang air terjun tidak dibuka untuk umum, sebaiknya Anda memang tidak melakukan kunjungan ke sana. Tetapi saat dijadikan lokasi wisata, Anda perlu menelisiknya lebih dalam. Tentang kondisi air terjun itu sendiri maupun lingkungan yang berada di sekitarnya. Karena sehat tidaknya air terjun tidak terlepas dari eksistensi habitatnya juga.

Kenali cuaca

Alangkah baiknya Anda memperhatikan ramalan cuaca sebelum ke sana. Pilih di saat yang bersahabat, seperti pagi hari atau menjelang siang yang masih cerah. Akan tetapi hindari ketika hujan deras atau malam hari.

Tunda pasca bencana

Kunjungan ke air terjun perlu ditunda, bila baru saja terjadi bencana. Misalnya hutan di sekeliling baru terbakar, ada longsor di daerah hulu, dan sebagainya. Sangat dikhawatirkan material pasca bencana terbawa arus hujan dan jatuh via air terjun. Berbahaya bagi pengunjung yang sedang menikmati guyuran air di bawahnya.

Jaga lingkungan

Anda wajib untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Selain dilarang membuang sampah sembarangan, tahan diri untuk tidak menggunakan bahan kimiawi. Contohnya sabun dan sampo untuk mandi. Jangan pula cabut tanaman di sekitar seenaknya tanpa izin terlebih dulu.

Pahami medan

Pahami medan menuju ke lokasi. Seringnya air terjun membutuhkan rute yang tak mudah dijangkau dan mesti ditempuh dengan jalan kaki. Dengan mengenali, Anda dapat mengira apa saja yang perlu dibawa dari rumah.

Ajak teman

Tidak dilarang untuk datang sendiri. Namun jika bisa ajak saja teman atau pasangan. Hal ini guna mengantisipasi bahaya yang datang pada diri sendiri. Bersama orang lain, Anda dapat saling tolong menolong. Berpegangan tangan menghindari batu-batuan yang licin, misalnya. Selain itu lebih ramai dan asyik menikmati air terjun bersama.

Jangan berenang

Setenang dan sedangkal apapun air terjun, Anda tidak diperkenankan berenang. Apalagi membiarkan diri diguyur langsung air yang mengalir ke bawah. Berbagai material tanpa bisa diprediksi dapat terbawa dari atas dan siap membahayakan kapan saja.

Perlengkapan cukup

Bawa perlengkapan yang cukup. Baju ganti dan cadangan alas kaki. Sampai dengan makanan dan minuman yang hangat. Begitu juga perlengkapan lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan Anda pribadi.

Hati-hati terhadap hewan

Hati-hati terhadap hewan yang biasanya senang bersemayam di dekat air terjun. Banyak lintah penghisap darah dan bahkan kadang ular suka mondar-mandir. Antisipasi dengan mengenakan pakaian yang tepat supaya mereka tidak bisa melukai tubuh. Minimal tidak menempel di area kulit Anda.

Indahkan norma setempat

Beberapa air terjun masih dianggap sakral oleh penduduk setempat. Ada norma-norma yang mengikat bagi siapapun yang datang. Tidak terkecuali para pengunjung yang bukan berasal dari daerah situ. Walau Anda menganggap aneh atau tak percaya sama sekali, tetap indahkan norma yang telah berlaku. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments