30

Penyakit yang Mengintai Kala Musim Hujan

Masing-masing musim memiliki suka duka. Termasuk hujan yang menyimpan potensi penyakit musiman. Bisa menyerang siapa saja, apalagi bila berada di lingkungan yang kotor.

Kenali jenis dan bahayanya yang mengancam. Dengan mengenal lebih awal, Anda lebih mudah melakukan langkah proteksi. Dari menjaga kesehatan fisik sampai lingkungan sekitar. Serta berkontribusi nyata mencegah habitat alami sebagai biang keladi sumber penularan muncul.

Tetap konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Terpenting, pastikan makanan dan segala cairan bersih dari kontaminasi. Pasalnya, asupan yang sudah terkontaminasi menjadi perantara penyakit musiman kala hujan datang.

ISPA

Infeksi saluran pencernaan akut, atau ISPA, menjalar dengan cepat. Terutama di area-area yang mengalami banjir. Meski kadang Anda sudah mengungsi, namun dapat saja mendapati ISPA dari mereka yang sudah mengidap lebih dulu. Segera kunjungi pihak medis bila merasakan flu berat, sakit kepala, sesak napas, demam tinggi, rasa dingin dan panas secara bergantian.

Penyakit kulit

Infeksi juga menyerang permukaan kulit. Gatal-gatal dan alergi dari tingkat ringan sampai yang parah. Umumnya terjadi karena sentuhan pada air yang tercemar. Atau diakibatkan suhu dingin yang tidak bisa ditolerir oleh kulit penderita. Selain itu, hati-hati sebab air hujan juga media perantara jamur dan bakteri menempel langsung pada kulit.

Diare

Diare rata-rata disebabkan oleh masuknya makanan dan minuman yang kotor. Kuman dan bakteri yang mengganggu tubuh, akan mudah masuk ke makanan saat hujan datang. Khususnya pada hidangan yang diperdagangkan di dekat tempat-tempat tercemar. Tanpa penutup, tidak dibungkus rapat, masih setengah matang, atau dicuci (diproses) dengan air yang pada dasarnya sudah tercampur bakteri.

Penyakit saluran cerna lain

Tidak hanya diare, kedatangan hujan juga memicu penyakit saluran pencernaan lainnya. Seperti menyerang hati, pankreas, lambung, dan mengganggu bagian pelepasan akhir (anus). Untuk itu, hati-hati dalam menyantap makanan yang diperjualbelikan di luar rumah.

Demam berdarah dengue

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga terus terulang hampir tiap tahun. Penyakit yang dipicu nyamuk aedes aegepty ini memiliki kesempatan berkembang biak lebih besar bersamaan dengan hadirnya hujan. Singkirkan genangan-genangan di sekitar tempat tinggal supaya tidak dimanfaatkan nyamuk sebagai markas yang baru. Sehingga Anda tidak hanya membantu diri sendiri tetap sehat, tetapi juga keluarga dan orang lain.

Leptospirosis

Anda yang terserang leptospirosis akan mengalami mual, meriang, nyeri otot, sakit kepala, diare, demam, kulit dan mata memutih, serta masih banyak gejala lainnya. Semua ini disebabkan oleh air yang tercemar oleh kencing atau darah hewan. Seperti tikus yang gemar keluar bila hujan membuat tempat tinggalnya tergenang.

Sakit kronis yang memburuk

Selain itu, perhatikan riwayat kesehatan selama ini. Hujan juga merangsang penyakit pribadi kambuh. Bahkan cenderung lebih akut atau parah. Contohnya asma yang bisa terpicu rasa dingin. Begitu pula sinus yang dapat bertambah infeksinya. Cek stok obat-obatan di rumah berjumlah aman serta mencukupi. Agar Anda juga dapat menikmati datangnya hujan dengan gembira. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments