29

Memilih Sepeda untuk Latihan Anak

Anak membutuhkan sepeda yang tepat selama berlatih. Apalagi jika waktu latihan berlangsung lama. Jangan sampai salah pilih, bantu anak menemukan sepeda yang pas baginya.

Sebab, bagaimanapun, sepeda memiliki kontribusi penting. Menunjang lancar tidaknya proses latihan. Membuat anak semakin senang bersepeda atau justru meninggalkan kesan yang sedikit suram akan prosesnya.

Orang tua juga tidak boleh terpaku pada merek semata. Karena belum tentu merek yang sedang hits (terkenal) bisa menjawab kebutuhan anak. Atau model yang sedang digandrungi juga belum pasti cocok untuk anak. Jangan sampai karena tidak ingin ketinggalan model terkini, anak yang malah kesulitan menemukan gayanya menguasai sepeda.

Selain itu, sepeda juga tidak boleh mengesampingkan fungsi yang sebenarnya selama latihan. Anak tetap dapat memperoleh aktivitas fisiknya. Khususnya peningkatan motorik kasar. Mampu menyelaraskan ayunan kaki dan arah sepeda melaju. Serta tetap mempertahankan keseimbangannya selama sepeda berdiri tegak tanpa bantuan kaki berpijak.

Serta, pastikan selama masa latihan, anak menjalaninya dengan senang. Tidak ada keterpaksaan atau beban. Sepeda yang tepat dan hati yang bahagia merupakan faktor penting yang juga diperlukan oleh mereka.

Tergaransi aman

Pastikan sepeda yang Anda berikan pada buah hati aman. Terlebih fungsi rem tangan dapat bereaksi langsung begitu ditekan. Laju roda yang selaras dengan pegangan. Sadel yang mudah dikayuh. Atau jok yang mampu menyediakan kenyamanan.

Masing-masing harus saling mendukung. Tidak ada yang satu lemah, sehingga membuat yang lain bekerja tidak optimal. Anda bisa menanyakan jangka waktu garansi yang disanggupi oleh toko. Bila sesudah dipakai sesaat sepeda tidak berjalan sebagaimana mestinya, Anda dapat segera mengajukan keluhan.

Kualitas terjaga

Selain aman, orang tua perlu memastikan kualitasnya. Artinya bahan yang digunakan untuk menyusun sebuah sepeda bermutu baik. Misalnya rangkanya terbuat dari plastik yang lebih tahan panas. Karet pada bannya tidak mudah bocor, dan sebagainya.

Sesuai ukuran tubuh anak

Ada baiknya Anda membawa serta anak saat membeli sepeda. Sehingga ukuran sepeda bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anak. Seperti mencocokkan ukuran sadel yang dapat menyokong tinggi anak. Standar sadel bagi anak berumur 2 sampai 4 tahun sekitar 30 senti atau 12 inchi. Lengkapi pengetahuan Anda tentang ukuran ini. Supaya sepeda makin sempurna baginya.

Juga sesuai usia

Di sisi lain, sepeda juga patut diselaraskan dengan usia. Mengingat kaki anak harus dapat mencapai pedal sembari duduk. Tangannya juga mudah memegang setang, serta menggerakkannya ke kanan dan ke kiri. Normalnya, anak berusia 2 sampai 4 tahun mendapat sepeda dengan ukuran 30 centimeter. Usia 4 hingga 6 tahun di ukuran 40 centimeter. Dan, anak usia 6 sampai 8 tahun di ukuran 45 centimeter.

Anak dapat mencapai setang dan sadel

Seperti sudah disebutkan tadi, anak harus mampu mencapai setang dan pedal. Bahkan jangkauannya harus terlihat mudah. Tidak tampak bersusah payah atau pas-pasan. Supaya usaha menjalankan sepeda pun bisa santai. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments