26

Menghadapi PHK Tanpa Putus Asa

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan hal yang wajar di dunia kerja. Tetapi tetap tak mudah diterima saat mengenai diri sendiri. Meski hati terasa tercampur aduk, Anda tetap harus memberikan respon yang tepat untuk menghadapinya.

Karena tentu Anda tidak mau terus menerus meratapi. Apalagi terjebak dalam kondiri terpuruk lalu mengarah ke depresi. Merasa sudah tak mampu lagi merajut hubungan yang terputus dari dunia kerja sebab ada PHK. Bayangan-bayangan negatif yang sering mengikuti begitu mendapat kabar akan pemutusan jabatan ini.

Coba untuk hilangkan semua bayangan yang belum tentu terjadi. Di PHK memang menyakitkan. Tetapi Anda harus segera bangkit dan meneruskan kembali dunia Anda sendiri. Terlebih jika Anda merupakan tulang punggung keluarga. Percaya dan yakini pemutusan hubungan ini bukan akhir dari segalanya. Masih banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan potensi dan karya-karya Anda.

Tenang dan terima

Secara teori memang mudah untuk mengatakan agar tetap tenang. Namun mayoritas menunjukkan sebaliknya. Terkejut, sedih, marah, dan bingung dengan fakta yang ada. Bagaimanapun apa yang dianjurkan oleh teori tetap benar adanya. Ketenangan sangat diperlukan saat mendapati diri berada dalam posisi di-PHK.

Ditambah, mungkin Anda mendengarnya di kantor. Sangat tak baik bagi diri sendiri menunjukkan perasaan yang sangat emosionl atau penuh amarah. Ingat, ketengangan bukan saja untuk menenangkan hati dan pikiran. Akan tetapi juga dapat berguna menjaga performa. Anda tetap profesional dalam dunia kerja, seburuk apapun kondisinya, di mana barangkali akan membawa keuntungan tersendiri di masa mendatang. Kesan yang pertama kali bisa disebutkan atasan ketika merekomendasikan Anda ke biro kerja yang lain.

Lalu, terima apa adanya. Terjadi PHK biasanya didalangi oleh kondisi kantor yang tak bisa Anda campur tangani. Berbeda dengan pemecatan, yang lebih sering diakibatkan oleh ketidakmampuan pegawai menjalankan kewajibannya. Jadi bukan salah Anda sepenuhnya dan kini saatnya mencari peruntungan di tempat yang lain.

Dapatkan hak Anda

Walau sedih, Anda harus tetap bersyukur dengan hak-hak yang wajib diterima. Pesangon, sisa cuti yang bisa diuangkan, pencairan asuransi, dan hak-hak lainnya. Selanjutnya, gunakan kucuran dana yang baru diterima dengan sebijak-bijaknya. Agar kelak Anda tetap dapat menjalani hari-hari secara mantap dan mapan.

Sampaikan

Tak perlu malu dan jangan dipendam sendiri. Sampaikan saja pada pasangan, keluarga, atau orang-orang terdekat. Mungkin dengan mengutarakannya pada mereka, muncul ide-ide segar. Pintu-pintu baru yang siap menyambut Anda dengan rezeki tak terduga sebelumnya.

Buat perencanaan

Persiapkan diri dengan membuat plan A dan plan B. Rencana nyata yang bisa dieksekusi segera demi tetap mendapatkan pemasukan. Saat plan A sulit diimplementasikan, Anda sudah mengerti langkah-langkah apa saja untuk menggantinya.

Siap dengan segala perubahan

PHK membawa perubahan dalam kehidupan, khususnya finansial. Jika dulu pengeluaran per bulan sangat besar, kini harus lebih berhemat. Jika dulu akhir pekan adalah liburan, kini tiap hari perjuangan mencari kerja. Demi meraih perubahan dan membangun masa depan yang lebih baik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments