25

Lokasi Berkumpulnya Bibit Penyakit di Mal

Kini sebaiknya Anda lebih waspada bila berkunjung ke mal. Beberapa titik lokasinya menyimpan bibit penyakit yang bisa menular kapan saja. Hindari dan waspadai demi kesehatan Anda dan orang-orang tercinta.

Tak perlu heran mengapa sampai demikian. Penyebabnya tak lain adalah berkumpulnya banyak orang yang memungkinkan penyebaran penyakit semakin intens. Apalagi bila mal tidak dibersihkan dengan seksama. Hanya dibersihkan di bagian tertentu saja untuk membuat mal terkesan tetap bersih. Padahal kadang dibutuhkan langkah ekstra atau cairan disinfektan yang lebih ampuh. Karena itu, cuci tangan dengan sabun sebelum Anda makan atau menjaga kebersihan diri lebih sempurna.

Toilet

Hati-hati bila Anda menggunakan fasilitas toilet di mal. Terutama toilet duduk yang dinilai lebih banyak menularkan kuman penyakit ketimbang toilet jongkok. Pilih bilik toilet yang baru dibersihkan oleh petugas agar Anda tidak mudah tertular. Khususnya penyakit yang menyerang area kelamin (genital).

Kran wastafel

Masih di bagian toilet. Kran wastafel yang sejatinya untuk membersihkan, malah media yang sarat mengandung bakteri. Beruntung jika Anda menemukan kran dengan alat sensor otomatis. Sebab bila tidak, segera cuci ulang tangan Anda. Sebab kran tersentuh oleh berbagai tangan yang masih kotor sebelum benar-benar dibersihkan.

Pegangan pintu

Sentuhan tangan yang berbeda-beda pada pegangan pintu juga efektif menyebarkan penyakit. Pegangan pada pintu keluar masuk, pintu toko, maupun pintu fasilitas umum lainnya. Seperti toilet umum, tempat istirahat yang dikhususkan bagi ibu dan anak, atau lainnya.

Tombol lift

Tidak terkecuali tombol lift yang dibutuhkan banyak orang untuk naik turun lantai. Sekilas tampak bersih, namun hati-hati sesudah menjulurkan satu jari saja. Siapa tahu, jari yang telah tersentuh tombol lift Anda gunakan untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. Lalu masuklah kuman sebagai biang keladi terjadinya penyakit.

Tangan eskalator

Berpegangan tangan eskalator memang lebih nyaman. Sebab posisi tubuh lebih mudah terkontrol mengikuti lajunya tangga besi. Kenyataannya, bagian pegangan ini tidak terlepas dari berkumpulnya kuman-kuman yang bisa menjelma jadi berbagai jenis penyakit.

Tester

Banyak sekali orang menjadi sakit setelah mencoba tester. Dari contoh make up sampai tester makanan yang kurang higienis. Bahkan ada yang mengalami kejadian tak menyenangkan setelah mencoba sepatu atau baju. Terserang penyakit kulit, hingga diare akut.

Tumpukan barang

Waspadai barang yang dijual dengan cara ditumpuk. Fenomena yang sering berlaku bagi barang-barang diskon dan membuat pengunjung tertarik mengaduk-aduk. Biasanya barang tersebut sudah disimpan lama. Tanpa ada perlindungan yang memadai, mudah membuat Anda terpapar langsung debu, kotoran, kuman, bahkan binatang renik yang tak kasat mata.

Wahana permainan

Lindungi anak-anak dari bakteri yang bersembunyi di wahana permainan. Contohnya kolam bola yang bisa berubah jadi wadah penyakit apa saja. Beberapa penelitian menemukan kotoran mengendap di dasar kolam bola. Hasil muntahan, sisa makanan dan minuman, cairan air seni, sampai tinja yang tidak ketahuan oleh petugas atau orang dewasa. Mengerikan bukan? (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments