23

Tetap Sehat Setelah Kehujanan

Hujan memang menyejukkan. Tapi berbeda cerita bila kehujanan. Sudah pasti basah kuyup dan bahaya mengintai kesehatan. Lakukan langkah awal setelah kehujanan agar badan tetap prima.

Pasalnya, setelah kehujanan seseorang cenderung menjadi sakit. Kepala terasa pusing, demam, pilek atau flu, gatal-gatal, atau masuk angin. Walau terkesan sepele, namun tetap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akibatnya Anda hanya meringkuk seharian di tempat tidur.

Dengan melakukan langkah penyelamatan diri dari efek samping hujan, Anda juga menjauhkan diri sendiri dari berbagai penyakit. Di mana biasanya ditularkan oleh kuman, bakteri, atau virus yang mengendap di lumpur jalanan. Terciprat pada kaki atau menempel pada pakaian. Lalu masuk perlahan melalui pori-pori kulit. Jadi, segera bersihkan diri begitu Anda sampai di tempat tujuan. Meski sudah terlindung jas hujan atau payung.

Menepi

Usahakan untuk mencari tempat berteduh. Jangan paksa untuk meneruskan perjalanan. Seperti saat berjalan kaki atau mengendarai motor. Terlebih bila hujan turun di periode awal dan deras. Kemungkinan terkandungnya bahan polutan dalam titik-titik airnya sangat besar. Ancaman nyata bagi kesehatan Anda dan keluarga.

Ganti baju

Setelah sampai di rumah atau tempat tujuan, segera ganti baju yang basah dengan yang kering. Lepaskan alas kaki yang juga ikut basah. Atau minimal melepaskan lapisan pakaian luar yang terkena siraman air hujan, bila pakaian yang menyentuh kulit tetap kering. Tapi ingat, lap hingga kering bagian tubuh dan kepala dengan handuk bersih sebelum Anda berganti pakaian. Jadi busana yang baru tidak terasa lembap.

Mandi dan keramas

Mandi dengan air hangat bisa menjaga tubuh tetap fit. Namun tak cukup dengan itu saja. Anda juga harus mengguyur kepala dengan air, alias keramas. Guna menyingkirkan kotoran dan kuman yang berhasil hinggap beberapa saat. Sekaligus sebagai cara mengontrol suhu  tubuh tetap berada di rentang yang hangat.

Keringkan rambut

Segera keringkan rambut begitu selesai dari serangan air hujan atau setelah mandi. Membuat batang-batang rambut cepat mengering sama saja dengan menjauhkan kepala dari rasa pusing. Tetapi bila mempertahankan butiran air tetap tinggal di rambut justru mengundang sakit kepala, flu, demam tinggi, dan sederet penyakit tak menyenangkan lainnya.

Menu hangat

Lalu santap hidangan yang tepat, yakni menu hangat. Berupa makanan berkuah, seperti sup ayam. Juga disarankan segera minum cairan. Misalnya teh panas yang ditambah potongan lemon, susu hangat, air jahe dan madu, serta masih banyak lagi. Asupan ini berfungsi sebagai perisai tubuh terhadap suhu dingin dan kuman-kuman yang berusaha menyerang daya imun.

Penjaga stamina

Agar makin komplit, Anda dapat mengonsumsi multivitamin atau suplemen tambahan. Terutama bila tubuh sudah merasakan gejala-gejala tertentu. Contohnya kepala yang mulai terasa berat, hidung yang mampet, suhu agak meninggi, atau perut sedikit kembung. Jadi, tak perlu menunggu sampai tubuh benar-benar menjadi sakit. Lebih baik mencegah di awal, daripada mengobati belakangan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments