19

Jangan Pilih Menu Ini Saat Bertemu Klien

Saat meeting dengan klien, segala sesuatunya memang harus sempurna. Termasuk pemilihan menu makan. Jangan sampai gara-gara salah memesan hidangan, urusan Anda jadi berantakan.

Ya, menu makanan memang ikut menentukan lancar tidak suatu pertemuan. Bisa saja setelah menyantap sajian, Anda malah sakit. Percakapan penting yang seharusnya menghasilkan ikatan kerja sama harus berakhir tanpa diduga. Atau karena pesanan yang kurang sesuai, klien jadi kurang berkenan terhadap performa Anda. Walau presentasi yang Anda sampaikan sebenarnya sangat baik.

Dari menu makanan, ikuti table manner yang benar. Meski belum sepenuhnya menjadi jaminan, tetapi bagi Anda yang benar menggunakan peralatan makan akan dipandang sebagai pribadi detail dan tahu aturan. Juga mengesankan profesional, respek pada pihak lain, serta mampu beradaptasi dengan medan. Apalagi bila pertemuan diadakan di restoran yang menganggungkan etika makan.

Mie

Mie memang favorit banyak orang. Tapi caranya bersantap agak menyulitkan. Bahkan kadang Anda harus dibuat agak membungkuk untuk mendekati wadahnya. Ditambah harus sigap setiap saat agar mie tidak meluncur kembali ke wadah dan mencipratkan air ke sekitar. Jadi, sebaiknya ganti dengan menu yang tidak merepotkan. Seperti nasi goreng yang lebih mudah disantap tanpa perlu bersusah payah.

Berkuah

Sah-sah saja jika Anda ingin memesan menu yang berkuah. Misalnya aneka sajian sup. Namun perhatikan fleksibel tidaknya. Sebab Anda diharuskan berhati-hati menikmati kuahnya. Sebentar-sebentar mungkin Anda jadi repot sendiri karena harus mengelap daerah sekitar mulut agar tidak basah. Atau jangan-jangan kuah terciprat dan mengotori area sekeliling mangkuk sup.

Makan pakai tangan

Tidak ada yang melarang makan pakai tangan. Contohnya saja masakan Padang atau Sunda lebih cocok memakai tangan. Tetapi saat tangan kotor, sedang Anda perlu menunjukkan berkas-berkas penting, Anda sendiri yang akan kesusahan. Tak enak juga mengulurkan tangan yang kotor pada klien. Lebih tak nyaman pula meninggalkan klien untuk mencuci tangan.

Banyak memakai peralatan makan

Jangan pula pesan makanan yang banyak menggunakan peralatan. Di mana nanti justru akan memecah konsentrasi Anda terhadap inti meeting. Karena Anda menyibukkan diri sendiri terhadap alat-alat di depan mata. Upayakan hanya satu sendok dan satu garpu sebagai alat bantu. Selebihnya singkirkan.

Sensitif pada perut

Atau, hindari menu yang menyebabkan sensitif. Seperti rasa pedas yang membuat perut mulas. Pun minuman dingin dan bersoda kala perut masih kosong yang hanya akan mengundang kembung. Lalu berulang kali sendawa di depan klien tentu tak enak kesannya. Anda juga harus mewaspadai bahan-bahan masakan yang dapat memicu alergi seketika. Bukan tak mungkin setelah menyuap beberapa sendok, mendadak kulit terasa gatal dan berbintik-bintik merah.

Berbau tajam

Tiap makanan selalu mempunyai bau khas masing-masing. Namun ada beberapa jenis makanan yang baunya terlalu ekstrem. Dan cenderung tidak bisa diterima oleh beberapa orang, termasuk oleh klien. Contohnya durian dan jengkol. Nantinya, bau juga dapat tercium kuat di napas dan mulut Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments