16

Menghilangkan Bulu dengan Benar

Rambut di kepala memang indah. Namun dianggap mengganggu di bagian lainnya. Seperti pada bagian kaki, tangan, ketiak, dan miss V. Namun mencukur atau memotongnya harus dilakukan dengan cara yang benar.

Proses eksekusi yang tak sempurna bisa menyisakan efek samping yang merugikan. Dalam beberapa kasus, pasca penghilangan bulu rambut, muncul abses. Benjolan nanah yang nyeri dan harus diderita selama kurang lebih seminggu. Juga membuat sisa rambut yang tertinggal justru tumbuh ke dalam. Terasa sangat gatal dan menyakitkan.

Bagi orang obesitas, pencukuran bulu rambut mesti hati-hati. Kemungkinan gesekan di antara lapisan kulit lebih mudah terjadi, sehingga iritasi menjadi tak terhindarkan. Di samping itu, ada indikasi kuat penularan penyakit seksual terjadi akibat pemotongan bulu rambut. Namun dikhususkan pada area organ kelamin.

Nah, ada baiknya sebelum Anda benar-benar mencukur rambut di tempat yang tak disuka, patuhi rambu-rambu yang benar. Agar penampilan sesuai yang diinginkan, tanpa perlu merasakan sakit sakit tak tertahankan.

Pisau cukur

Pisau cukur dinobatkan sebagai alat yang paling aman untuk mencukur. Selain harganya murah, prosesnya pun mudah. Bisa dilakukan sendiri di rumah. Tetapi ingat, upayakan untuk tidak menggunakan pisau cukur bergantian dengan orang lain. Mengingat potensi adanya bakteri atau kuman yang masih menempel di pisau cukur.

Krim penghilang rambut

Krim khusus cukur (shaving cream) biasanya digunakan bersamaan dengan pisau cukur. Mengurangi iritasi dengan memberikan sensasi lembap pada permukaan kulit. Setelah rambut hilang, kulit tetap halus dan tiada rasa trauma. Pilih yang tidak mengandung alkohol dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Supaya tidak mengundang alergi atau kondisi negatif lainnya.

Cara lain

Ada juga cara lain yang bisa dijalani. Di antaranya waxing, laser dan IPL (intense pulse light) dan elektrolisis. Ketiganya hanya boleh dilakukan oleh para ahlinya.

Waxing menghilangkan bulu dengan memakai bantuan lilin. Hasilnya bisa bertahan 3 sampai 6 minggu. Pada awalnya, iritasi berupa folikel rambut akan dialami. Tetapi tingkatnya semakin ringan seiring Anda rutin menjalani metode waxing.

Hasil dari laser dan IPL cukup efektif. Kulit bersih dari bulu rambut selama 6 bulan hingga setahun. Tetapi setelah ditempuh selama 2 hingga 6 kali tahapan. Resikonya pun tidak ringan. Kulit kemerahan, bengkak, dan iritasi.

Sedang elektrolisis dilakukan dengan menggunakan penanaman jarum di tiap folikel rambut. Lalu mengalirkan arus listrik atau disetrum agar akar rambut terlepas. Kurang diminati karena kurang efisien dan mahal.

Perawatan setelah cukur

Usai dibersihkan, jaga lahan yang dicukur tetap bersih dan kering. Gunakan handuk atau lap yang bersih. Jangan langsung mengoleskan krim, gel, minyak, atau bahan apapun. Olesannya dapat membuat sumbatan di akar rambut. Setelah itu rentan diikuti oleh abses dan rasa nyeri.

Tahan diri untuk tidak mandi air hangat beberapa jam setelah mencukur. Suhu tinggi dari panas merangsang munculnya jerawat dan iritasi pada pori-pori. Belum lagi kulit jadi terkejut, yang kemudian kita rasakan sebagai rasa perih. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments