15

Langkah Aman Membersihkan Kaca Mobil

Kaca mobil memiliki posisi yang penting. Tak bisa sembarangan memperlakukannya. Ketahui aturan yang benar, agar kaca mobil tetap memesona.

Sedikit saja kaca mobil tampil tak sempurna, penampilan mobil pun ikut kena imbasnya. Kotor karena debu, serangga, atau air hujan yang membuat buram. Selain tak enak dilihat, juga menimbulkan bahaya. Karena kotoran menghalangi pemandangan ke arah depan dan sekeliling mobil.

Jika Anda berniat membersihkan mobil, perhatikan petunjuk yang benar. Terutama setelah disiram air hujan, terciprat lumpur di jalanan, atau kondisi yang tak menguntungkan yang lain. Jadikan kaca mobil penunjang penampil dan pendukung keselamatan Anda.

Cairan dan lap yang tepat

Sebenarnya, air saja sudah cukup membantu menyingkirkan debu dan kotoran. Namun terkadang masih belum efektif membersihkan dengan sempurna. Masih banyak sisa yang tertinggal. Karenanya dibutuhkan sabun khusus.

Sebelum membeli suatu produk, cari label aman yang biasanya disampaikan lewat tulisan safe for tinted windows. Produk ini akan lebih aman digunakan untuk segala jenis kaca mobil. Terutama bagi kaca berwarna. Juga tidak mengandung amoniak. Zat yang seharusnya tidak disentuhkan sama sekali ke kaca atau bagian lain mobil. Tidak lain karena amoniak bersifat merusak.

Selain itu, jangan gunakan sembarang lap. Pilih kain mikrofiber berkualitas tinggi. Dengan berat minimal 300 GSM (gram per meter kuadrat). Daya serapnya terhadap air delapan kali lebih banyak dibanding kain biasa. Sentuhannya ke kaca pun tak menimbulkan goresan.

Kaca bagian luar

Ambil tempat yang teduh untuk membersihkan kaca bagian luar. Angkat wiper ke arah atas. Basahi seluruh permukaan dan semprotkan cairan secukupnya. Gosok-gosok dengan lembut tapi disertai sedikit tekanan. Setelah dirasa kotoran tersingkir, segera siram dengan air bersih. Lap hingga kering sebelum air mengering dengan sendirinya.

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan lain, menggantikan cairan kimiawi. Misalnya pasta gigi. Cukup mudah caranya. Tinggal dioleskan pada bagian yang kotor, diamkan sebentar, gosok, lalu siram dengan air.

Kaca bagian dalam

Caranya tidak jauh berbeda dengan kaca bagian luar. Namun agar tidak mengotori dashboard, ada baiknya Anda menyemprotkan dulu cairan ke spon atau kain. Baru setelahnya dikenakan pada kaca. Perhatikan juga kotoran yang bersembunyi di antara kaca dan karet. Kotoran yang menumpuk akan membuat goresan pada kaca film.

Kaca yang tergores

Pasta gigi juga ampuh mengatasi goresan pada kaca. Pasta gigi dengan pemutih akan lebih membantu. Oleskan sedikit saja di goresan, lalu gosok perlahan sampai goresan terasa berkurang atau hilang sama sekali. Akhiri prosesnya dengan bilasan air bersih dan keringkan.

Memakai penyeka

Penyeka mobil juga dapat membantu membersihkan kaca bagian depan. Anda tinggal menyalakan tombol dan lepaskan cairan ke arah kaca. Baru kemudian putar tombol wiper untuk menyingkirkan debu atau kotoran. Tapi ingat, jangan menggerakkan wiper jika kaca dalam keadaan kering. Alasannya, saat karet wiper ternyata tidak halus, ia hanya akan membuat kaca tak mulus. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments