09

Cara Ampuh Cerahkan Ketiak yang Menghitam

Hitam di bagian ketiak memang masalah besar buat wanita. Apalagi yang gemar mengenakan baju sleeveless dan kostum bikini saat hendak berenang. Warna hitam harus disingkirkan, tapi lakukan dengan cara yang aman.

Asal muasal warna hitam sebenarnya tidak jauh dari kebiasaan kita sehari-hari. Terlalu sering mencukur bulu ketiak, pemakaian deodoran yang banyak mengandung alkohol dan prespirant, tumpukan keringat yang tidak serta merta dibersihkan. Kebiasaan ini membuat sel-sel kulit mati menetap dan mengajak kuman atau bakteri untuk tinggal. Hasilnya kulit ketiak menebal dan jadi hitam.

Namun ada pula penyebab warna hitam yang lain. Seperti resistensi insulin, obesitas, kelainan hormonal, efek samping dari obat tertentu, dan juga kanker. Di dunia medis, warna hitam jenis ini disebut acanthosis nigricans. Penanganannya membutuhkan langkah yang tak biasa. Jadi sangat bijak bila penderita melakukan konsultasi terlebih dulu.

Tetapi saat merasa ketiak menghitam tanpa ada gejala tertentu, Anda bisa mengatasinya sendiri. Bermodalkan bahan-bahan alami yang ada di rumah, atau memilih jalur perawatan yang lebih kompleks. Seperti pergi ke dokter kulit dan salon kecantikan.

Bahan alami

Ada banyak sekali bahan alami yang siap memutihkan ketiak. Mudah didapat dan murah harganya. Waktu yang dibutuhkan juga hanya sebentar. Asal Anda rutin, dijamin ketiak bisa lebih cerah.

Dimulai dengan lemon yang kaya vitamin C. Potong menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan ke ketiak selama 3 sampai 5 menit. Diamkan kurang lebih 10 menit atau hingga air lemon terserap sempurna ke dalam kulit. Bilas dengan air seperti biasa dan keringkan. Ulangi tiap dua hari sekali.

Cara yang sama juga dapat Anda terapkan dengan memakai bahan campuran gula dan minyak zaitun. Masing-masing satu sendok makan sudah sangat cukup membantu. Tidak ketinggalan bahan lainnya, yakni baking soda, pasta gigi, bubuk kunyit, susu, yogurt, madu, dan mentimun. Setiap bahan bisa dipadupadankan dengan bahan yang lain. Dapat pula diaplikasikan pada ketiak secara sendiri-sendiri.

Pelembap khusus ketiak

Agar semakin optimal dan hasilnya cepat diraih, Anda dapat mengoleskan pelembap khusus ketiak. Krim yang telah dirancang untuk mengurangi iritasi penyebab munculnya warna hitam. Berbagai merk juga banyak direkomendasikan. Sayangnya belum banyak tersedia di toko, sehingga untuk mendapatkannya melalui belanja online lebih dianjurkan.

Krim dari dokter

Selain itu Anda dapat mengusahakan warna putih dari krim yang diresepkan oleh dokter. Krim ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pelembap khusus ketiak. Mengutamakan kandungan vitamin D sebagai modal utama mengusir warna hitam. Di antaranya seperti krim retinoid, hydroquinone, dan calcipotriene. Sesuaikan dengan kondisi kulit guna meminimalisir dampak lanjut yang tidak diinginkan.

Terapi laser

Solusi lainnya dengan melakukan terapi laser. Terapi ini akan mengurangi penebalan kulit sebagai salah satu sebab ketiak menghitam. Sayangnya langkah ini tidak murah. Hasilnya memang menakjubkan, hitam cepat menghilang. Tapi rangkaian perawatan masih panjang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments