06

Manfaat Arisan Saat Ini

Berkumpulnya beberapa orang dalam rangka arisan merupakan peristiwa yang jamak terjadi. Eksistensinya dari dulu hingga sekarang seolah ingin mengatakan sejuta manfaatnya. Di mana kini bukan sekadar  ajang menabung semata.

Pada awalnya sistem arisan tercipta sebagai bentuk tabungan bersama. Kegiatan yang mengikat anggotanya untuk menyetorkan sejumlah uang tertentu di waktu tertentu pula. Berkala dan teratur. Secara bergilir, masing-masing anggota dapat menikmati tabungannya sesuai aturan yang telah disepakati.

Tidak ada perbedaan hasil tabungan antar satu anggota dengan yang lain. Dan, ini menjadi ciri khas dari jalannya sebuah arisan. Berlangsung terus sampai semua anggota bisa menikmati uang yang telah disetorkannya.

Jika menilik kembali ke belakang, arisan juga merupakan pertahanan finansial. Dinilai sebagai cara yang lebih manusiawi guna menghindari peminjaman uang ke bank atau rentenir. Sebab tentu tingginya bunga yang berlaku akan semakin menyulitkan keuangan rumah tangga.

Tabungan

Kedudukan arisan sebagai tabungan tidak berubah. Uang yang telah terkumpul sedianya akan kembali lagi pada anggota itu sendiri. Berdasarkan jumlah anggota dan berapa kali waktu penyetoran. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal membangun usaha atau untuk menutup kebutuhan lainnya.

Bersosialisasi

Kini arisan juga berkembang sebagai ajang bersosialisasi. Menampung para anggota yang pada dasarnya tidak mengutamakan tabungan sebagai tujuan utama. Melainkan kebutuhan untuk saling bertemu, bercengkerama, dan sebagainya. Pendek kata, bersosialisasi. Interaksi hangat yang boleh dikata saat ini sulit didapat seiring semakin meningkatnya gaya hidup yang individualis. Bahkan, terkadang relasi di antara anggota arisan lebih erat dibanding dengan tetangga sendiri. Meski para anggota tidak tinggal berdekatan dan hanya bertemu di waktu tertentu saja.

Mengikat komunitas

Di sisi lain, arisan menjadi peneguh eksistensi suatu komunitas yang telah terbentuk. Alasan uang yang telah terkumpul, dianggap sebagai cara ampuh menuntut kehadiran anggota. Aktif dan berkontribusi secara riil. Para anggota tidak mudah pergi atau kabur karena adanya uang yang masih menjadi hak masing-masing.

Meraih tujuan tertentu

Meraih tujuan tertentu, selain sebagai tabungan, dapat menjadi niat awal berdirinya sebuah kelompok arisan. Contohnya sengaja diadakan agar akumulasi dana yang telah dikumpulkan bisa disalurkan ke pihak-pihak yang lebih membutuhkan. Anak-anak yatim piatu, korban bencana alam, atau mendapatkan barang khusus yang dibanderol harga mahal. Jadi arisan pada dasarnya bukan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, tetapi memprioritaskan kebutuhan kelompok lain.

Melatih tanggung jawab dan tepat waktu

Tanpa disadari, arisan juga mampu membentuk sikap tanggung jawab dan disiplin dari tiap anggota yang tergabung. Tepat waktu menyetorkan sejumlah uang tanpa ada jeda keterlambatan. Apalagi alasan tak jelas, seperti mangkir begitu saja, setelah mendapat giliran menikmati hasil arisan. Sebab tanpa kesadaran dan tanggung bersama, mustahil suatu arisan berjalan dengan lancar.

Networking

Mengembangkan jejaring pertemanan dan bisnis bisa dilakukan melalui arisan. Sebelumnya antar anggota mungkin tidak saling mengenal. Namun dengan adanya arisan, kepentingan yang sama dapat saling bertemu dan berkaitan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments