04

Negara Bersalju, Tujuan Wisata Favorit

Negara bersalju semakin diminati oleh wisatawan Asia Pasifik. Kesimpulan ini hanya sedikit dari sekian laporan yang dibuat Club Med. Penyelenggara resort inklusif yang mengelola tempat wisata bersalju di beberapa negara.

Agar tidak menyesatkan pembaca laporan, Club Med membuat definisi tersendiri mengenai liburan salju. Yakni liburan yang setidaknya menghabiskan dua malam di sebuah resort gunung salju. Kegiatannya tidak berbatas pada bermain ski atau snowboard. Tetapi ada kegiatan lain yang ikut meramaikan liburan.

Dalam tiga tahun terakhir, ditemukan sebanyak 200 juta orang Asia Pasifik yang datang ke lokasi wisata bersalju. Sayangnya tidak diperinci dengan detail tentang alasan yang paling mendasari. Walau demikian, bisa ditengarai fenomena ini adalah dampak meningkatnya jumlah orang kaya di Asia. Jumlah wisatawan juga diperkirakan akan terus naik seiring adanya Olimpiade Musim Dingin di Pyeong Chang dan Beijing.

Usia rata-rata

Pengunjung rata-rata berada di kisaran umur 38 tahun. Tetapi negara dengan penduduk yang besar seperti Cina, Malaysia, Indonesia, dan India memiliki usia pelancong yang lebih muda, tepatnya 34 tahun. Sedang turis dari Jepang termasuk yang paling senior, rata-rata ada di usia 45 tahun. Sesuai karakteristik demografi mereka.

Negara Cina paling banyak menyumbang jumlah wisatawan. Diikuti oleh India dan Jepang. Tetapi ditemukan pula geliat wisatawan ke resort bersalju dari Hongkong, Indonesia, dan Singapura terus naik.

Dari laporan Club Med, diketahui kunjungan ke negara bersalju mayoritas berasal dari kelas atas. Memiliki pendapatan rumah tangga sebesar USD 4.000. Nilai yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan pemasukan orang-orang di Asia Pasifik.

Negara paling banyak dituju

Negara yang paling banyak dituju ialah Jepang. Selain pemandangan alamnya yang sangat indah, pelancong menggemari masakan, kegiatan yang sangat beragam, dan lain-lain.

Negara selanjutnya yang juga banyak mendapat kunjungan yakni Korea Selatan. Baru kemudian diikuti oleh Swiss. Uniknya, Swiss yang paling digilai oleh orang India ternyata terpengaruh dari latar belakang film-film Bollywood.

Wisatawan bergender perempuan meningkat

Secara keseluruhan liburan bersalju tetap didominasi laki-laki. Seperti Jepang di angka 83% dan India dengan jumlah 70%. Tetapi di sisi lain, wisatawan bergender perempuan terus meningkat. Contohnya yang berasal dari Hongkong naik 57%, Malaysia 58%, Singapura 56%, dan Australia sebanyak 54%.

Lebih dari sekadar bermain salju

Pengunjung dari Asia Pasifik mempunyai aktivitas yang lebih beragam dibandingkan yang berasal dari Eropa. Bahkan terkadang tanpa ski atau snowboard sama sekali. Mereka menyukai kegiatan yang menyenangkan di gunung. Seperti berkumpul bersama keluarga, tetap menikmati makanan lokal mereka, menghirup udara yang lebih segar, merasakan layanan spa, serta menikmati pemandangan. Sedikit sekali angka yang menggambarkan pengunjung datang dengan berdiam diri saja. Alias hanya ingin menikmati lingkungan sekitar.

Kunjungan di musim lain

Kunjungan ke gunung yang bersalju tetap diminati meski salju tidak sedang turun. Demikian yang didapat dari keterangan para responden. Sebagian dari mereka tetap ingin datang ke gunung di musim panas di tahun-tahun mendatang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram: @ETALASEBINTARO

Comments

comments