01

Kesalahan Kecil Berakibat Fatal bagi Rumah

Rumah adalah aset yang berharga. Sebisa mungkin tetap terjaga sedemikian rupa. Sayangnya, kadang kita lupa atau teledor. Kesalahan sepele yang mendatangkan bencana besar bagi rumah.

Rumah jadi rusak, atau sampai tahap yang paling parah, yakni terbakar hingga ludes. Kerugian materi harus ditanggung. Penyesalan pun tak bisa dihindari.

Agar tidak sampai menimpa Anda, sebaiknya kenali beberapa kesalahan kecil yang bisa mengundang malapetaka bagi rumah tercinta. Sedikit banyak kerugian bisa diantisipasi sejak sekarang. Terutama untuk rumah yang sehari-hari sering ditinggal pergi .

Lupa mematikan kompor

Matikan kompor seusai digunakan. Bahaya sekali jika terus menerus membiarkan kompor dalam keadaan hidup. Bahan bakar cepat habis dalam waktu sekejap. Apalagi bila masih ada alat memasak di atas kompor. Alat masak dapat terpanggang panas lalu terbakar. Dari kebakaran yang kecil berubah menjadi besar, dan mengancam rumah.

Pintu dan jendela tak terkunci

Ingat selalu untuk mengunci pintu dan jendela. Walau Anda berada di rumah, atau akan pergi barang sebentar saja. Pintu dan jendela tanpa pengaman sama sekali sangat menarik bagi pelaku kriminal. Barang-barang dapat diambil sesukanya. Begitu pula dengan binatang tertentu yang dengan senang hati ingin masuk rumah. Mengambil makanan dan mengacak-ngacak ruangan seenaknya. Bahkan sering kali tanpa disadari, hewan-hewan menjadikan rumah sebagai sarang barunya.

Tidak mencabut aliran listrik

Cabut aliran listrik sebelum Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Terlebih pada perangkat elektronik yang bersifat cepat panas. Misalnya setrika, oven, alat panggang roti, hair dyer, dan sebagainya. Tetapi penting pula mencabut aliran listrik yang sekiranya sudah tidak dipakai, meski tidak terlalu menghantarkan panas. Contohnya, kulkas, TV, AC, komputer, atau yang lain.

Saat barang-barang elektronik terus mendapat siraman aliran listrik tanpa henti, alat tersebut akan sangat panas. Suhu yang terlalu tinggi memicu korsleting di pusat litrik rumah, dan memicu terjadinya percikan api. Lagi-lagi kebakaran pun mengancam.

Air masih mengalir

Siapa bilang air yang masih mengalir tak berbahaya? Bayangkan bila kran air di kamar mandi lantai atas masih deras. Air dapat mengalir keluar dan jatuh ke lantai bawah. Banjir mengisi lantai dan dapat mengenai barang-barang di rumah. Dinding ikut basah, juga bagian-bagian lainnya. Biaya air bulanan bisa merangkak hebat, membuat Anda tekor. Jadi, pastikan kran air telah ditutup sempurna.

Menyalakan lilin sembarangan

Ketika ingin menyalakan lilin, letakkan pada posisi yang aman. Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar. Sedikit lilin terkena embusan angin, ia bisa ke hinggap ke benda di sekitarnya. Seperti kasur, bantal, guling, gorden, sofa, atau materi-materi dari kayu. Bila tak dibutuhkan lagi, lebih baik segera tiup lilin sampai padam.

Sampah menumpuk di rumah dan halaman

Singkirkan sampah yang ada di dalam rumah maupun di halaman. Sampah yang menumpuk menjadi favorit binatang dan kuman untuk tinggal. Juga menjadi sumber penyakit bagi seluruh anggota rumah. Dipandang pun tak sedap, sehingga rumah jauh dari kata asri. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments