26

Waspada Makanan Bermikroplastik

Keberadaan plastik semakin memprihatinkan. Selain tidak mudah terurai, sampah plastik kini mulai mengontaminasi makanan. Berukuran mikro, sehingga tidak dapat langsung diamati. Kenali jenis makanan yang diduga saat ini banyak tercemar olehnya.

Mikroplastik pada dasarnya tetaplah plastik, sebagaimana biasanya. Hanya bentuknya teramat kecil. Sehingga mendapat julukan mikro atau kecil. Berkisar di ukuran 1- 5 mikrometer. Ukuran yang jauh lebih kecil dari kutu rambut maupun plankton. Karenanya sama sekali tidak mudah dilihat dengan mata telanjang. Mesti membutuhkan penelitian di laboratorium guna memastikan keberadaannya.

Masuknya mikroplastik ke dalam makanan bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor. Penggunaan kemasan makanan berbahan baku plastik menjadi penyebab paling sering ditengarai. Ketika plastik terkena panas, dia terurai secara perlahan dan meresap ke dalam makanan. Pengelolaan sampah yang tidak ramah lingkungan juga turut menyumbang banyaknya mikroplastik berada dalam rantai makanan manusia.

Saat potongan mikroplastik ini sudah masuk ke tubuh, bahaya gangguan metabolisme sudah bisa dipastikan. Walaupun hingga kini belum ada kepastian angka kesehatan yang berhasil ditemukan terkait dampak mikroplastik. Tetapi dalam tahun-tahun mendatang, jumlahnya diyakini akan membesar. Berkorelasi positif dari jamaknya penggunaan plastik yang terus tak terkontrol.

Oleh sebab itu, terus jalankan pola hidup sehat dengan minim plastik. Mulai dari diri sendiri dan dari rumah. Agar lingkungan lebih sehat sekaligus upaya membatasi gerak masuk mikroplastik lebih jauh dalam keseharian kita.

Air mineral di botol

Air mineral dalam botol disebut-sebut paling banyak terkontaminasi sampah mikroplastik. Namun akurat tidaknya kabar ini masih menjadi tarik ulur di antara para produsen. Ditengarai mikroplastik dapat masuk ke dalam air saat proses pengepakan produk berlangsung. Pendapat lain menilai, serat-serat plastik dapat terbang melalui udara ataupun bahan baku botol yang belum sepenuhnya steril.

Untuk mengantisipasi hal ini, para pakar sangat menghimbau konsumen untuk membawa tempat minum sendiri dari rumah. Di samping Anda dapat berhemat dan lebih higienis.

Seafood

Sampah plastik yang kini banyak mengisi laut, tidak langsung termakan oleh binatang yang ada di dalamnya. Karena sifatnya yang tak mudah terurai, plastik di dalam tubuh hewan air juga tak hilang dengan sendirinya. Waspadai kembali jika Anda ingin menyantap seafood, terutama kerang dan ikan. Terlebih apabila mereka berasal dari kawasan laut yang sudah terkenal berpolusi.

Garam laut

Garam laut juga tidak lepas dari jangkauan mikroplastik. Diduga dalam satu kilogramnya, terdapat 600 mikroplastik. Dalam asupan 5 gram saja sehari, akan didapati 3 mikroplastik di dalam tubuh. Ikut tercemarnya garam laut karena proses ekstraksi yang tidak sempurna dari campur tangan plastik.

Jenis makanan lain yang tercemar

Masih banyak jenis makanan lain yang ikut terkontaminasi. Contohnya adalah daging sapi. Di mana sapi-sapi tersebut memperoleh plastik dari hasil mengunyah sampah, di tempat dia biasa dibiarkan bebas. Masakan di rumah pun bisa tak aman, saat kita teledor menggunakan perangkat masak dan makan berbahan plastik berbahaya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments