25

Cegah Korsleting di Rumah

Bahaya dari terjadinya korsleting memang tidak main-main. Harta dan nyawa dapat melayang. Lakukan langkah kecil pencegahan di rumah agar korsleting di rumah tak perlu terjadi.

Korsleting adalah istilah lain untuk arus pendek. Sebutan guna menggambarkan kondisi suatu hubungan tahanan listrik yang kecil, namun menghasilkan aliran listrik yang sangat besar. Bila tidak segera tertangani akan menimbulkan kebakaran atau ledakan.

Arus pendek ini umumnya terjadi akibat kelalaian manusia. Tidak memperhatikan dengan jeli sejak awal pemakaian instalasi listrik dalam satu rangkaian di rumah. Atau sering abai dalam penggunaannya sehari-hari.

Belum lagi diiringi dengan minimnya langkah penanganan dengan tepat saat korsleting berlangsung. Dampak yang seharusnya hanya kecil, berubah menjadi besar karena ketidaktahuan. Kerugian yang ditanggung pun ikut membengkak. Baik berupa materi, maupun non-materi.

Ketahui informasi yang benar agar korsleting listrik di rumah tidak terjadi. Sedikit mau mencari tahu akan membawa banyak hasil. Listrik bermanfaat, bahaya terlewat.

Matikan bila tak digunakan

Salah satu penyebab korsleting listrik bersumber dari lamanya pemakaian perangkat elektronik. Suhu terus merangkak naik dan menghasilkan arus listrik yang besar. Akhirnya memicu ketegangan pada listrik. Bahaya jadi tak terhindarkan.

Karenanya segera matikan perangkat elektronik bila tak dipakai. Seperti menekan tombol off untuk lampu, mencabut hubungan kabel dan stop kontak, AC, dan sebagainya. Ingat kembali sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya semua alat-alat yang berhubungan dengan lisrik dalam keadaan mati.

Perangkat berkualitas

Jangan tergiur iming-iming harga murah, namun barang berkualitas rendah. Gunakan selalu barang-barang elektronik yang sesuai dengan standar. Biasanya menyertakan logo SNI atau LMK. Ketahui ambang batas waktu pemakaian dan tata cara perawatan. Sehingga Anda dan keluarga dapat memahami karakternya bila sudah terhubung arus listrik.

Sesuai prosedur

Gunakan alat-alat elektronik dengan bijak. Pikirkan kembali tingkat keamanan jika ingin mengadakan rangkaian kabel secara paralel. Sebab sekali terjadi arus pendek di satu rangkaian, akan merambah ke rangkaian yang lain. Efeknya bisa berlipat ganda.

Penggunaan stop kontak juga harus benar adanya. Tidak bertumpuk-tumpuk, atau dibiarkan terus menerus terhubung dengan stop kontak. Hal yang sama juga berlaku untuk semua kabel agar tidak menetap tinggal dalam jangka waktu lama dengan stop kontak.

Tidak melebihi daya

Teliti berapa daya yang dimiliki suatu barang sebelum membelinya. Upayakan agar senantiasa sesuai dengan daya listrik yang ada di rumah. Atau berada di bawahnya. Jika melebihi daya listrik rumah, awal-awal mungkin terjadi pemadaman kecil. Tetapi lama-lama merangsang adanya arus pendek. Sebagai imbas terhambatnya jalan listrik dan turunnya tegangan dengan mendadak.

Cek rutin

Cek rutin instalasi listrik di rumah. Misalnya tiap beberapa tahun sekali. Cek pula barang-barang yang dapat memperparah dampak korsleting listrik. Misalnya kompor, tabung gas, kabel yang belum tercerabut dari stop kontak, kulkas yang terus menerus menyala, dan lain-lain. Tata ulang jarak aman pusat-pusat listrik dari jangkauan anak kecil. Serta letak barang yang mudah terbakar, contohnya kasur. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments