21

Bekal Piknik ke Gurun

Beberapa gurun memiliki pemandangan alam yang spektakuler, seperti Gurun Gobi di Cina dan Mongolia, Gurun Sahara di Afrika Utara, Gurun Atacama di Peru, dan masih banyak lagi. Bila Anda berniat berwisata ke daerah gurun, lakukan persiapan ekstra. Karena merasakan suhu ekstrem tanpa tameng yang seimbang akan berakibat tidak baik pada kesehatan.

Daerah gurun pasir memang terkenal bersuhu tinggi. Namun terkadang tak ubahnya negara subtropis, suhunya bisa mendadak turun di malam hari. Sering mendadak terjadi badai yang mengganggu. Meniupkan butiran pasir ke segala arah.

Selain itu, masukkan obat-obatan pribadi. Atau obat tertentu guna mengatasi alergi, yang barangkali muncul karena suhu panas. Setelah itu, cek ulang bekal Anda menjelang jadwal keberangkatan.

Kostum siang dan malam

Pakaian dengan bahan yang tipis tentunya lebih pas. Sesuai bagi tubuh menyesuaikan suhu lingkungan di sana. Terutama bahan yang menyerap keringat dan tidak terlalu berat dipakai.

Tetapi perhatikan baju ganti untuk siang dan malam. Saat siang, suhu bisa meninggi. Menjelang malam, suhu bisa berubah jadi rendah dan kering. Karenanya Anda tetap perlu membawa jaket atau pakaian tebal.

Pelindung kepala dan masker

Lengkapi kostum Anda dengan pelindung kepala dan masker. Supaya rambut dan kulit kepala tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang berlimpah bisa membuat kepala terasa pusing dan juga merusak penampilan rambut. Sedang masker berfungsi mencegah butiran pasir atau menyaring udara panas yang ingin masuk lewat hidung.

Kacamata antisilau

Bawa pula kacamata anti-silau guna memproteksi penglihatan. Dapat yang berjenis kacamata hitam. Dapat pula kacamata dengan lapisan anti-ultraviolet. Jika selama ini Anda hanya menggunakan kacamata yang standar, coba berkonsultasi dengan para ahli terlebih dulu. Sebab sinar berlebihan di gurun pasir membawa pengaruh buruk bagi mata.

Sunblock dan pelembap

Sunblock dan pelembap bertugas melindungi kesehatan kulit dari kekeringan, keriput, termasuk mengantisipasi luka bakar. Oleskan pada bagian-bagian tubuh yang terbuka. Terlebih di bagian tangan, kaki, wajah, tengkuk leher, dan lainnya. Di bagian bibir, beri sentuhan lipbalm dengan teratur. Hasilnya, permukaan kulit tetap sehat secara merata dan menyeluruh. Begitu liburan usai, Anda tak perlu malu dengan kondisi kulit terkini.

Selalu sedia air minum

Ke manapun Anda pergi, sebaiknya bawa air minum. Memenuhi kebutuhan mineral tubuh bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Apalagi gurun membuat pengunjungnya cepat dahaga. Sebaiknya pilih jenis air putih biasa, dibanding minuman berkalori tinggi. Hindari pula minuman dengan pemanis buatan atau beralkohol.

Vitamin C

Konsumsi suplemen vitamin C. Jika memungkinkan pilih yang berdosis tinggi. Tujuannya untuk menjaga daya tahan dari dalam. Solusi ekstra untuk menambah jumlah vitamin yang terkadang belum tercukupi dari buah dan sayur.

Tipe kendaraan

Perjalanan ke gurun pasir butuh tipe mobil tersendiri. Medannya berpasir dan sering tidak ada lintasan yang tetap. Untuk itu, gunakan kendaraan 4WD, alias four wheel drive. Di mana mampu menampung tenaga dari keempat rodanya. Serta pastikan volume bahan bakar mencukupi  untuk mencapai rute yang Anda inginkan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments