14

“Me Time” Asyik untuk Ibu Rumah Tangga

Agendakan “me time” secara rutin. Khususnya bagi ibu rumah tangga yang setiap hari rentan dengan kejenuhan dan ledakan emosional. Banyak pilihannya. Bisa dilakukan di rumah atau di luar.

Namun jangan maknai “me time” sebagai pelarian dari rutinitas sehari-hari. Momen ini sangat dibutuhkan para ibu untuk memberikan hadiah bagi dirinya sendiri. Hadiah yang akan mendatangkan ketenangan, kegembiraan, dan semangat menjalani rutinitas seperti biasanya dengan lebih positif.

Jika sampai tak ada sama sekali, efeknya cukup dahsyat. Suami dan anak bisa ikut menanggung risiko yang sebenarnya tak perlu. Sebab pada diri ibu tersimpan energi negatif yang tak tersalurkan. Marah tanpa alasan, stres, mengomel, cemberut, dan sebagainya.

Tak perlu pula merasa bersalah meninggalkan anak-anak untuk sementara waktu. Jika sampai rasa itu ada, anggap saja sebagai alarm supaya “me time” yang sedang dijalani tidak berlebihan.

Shopping

Belanja sekarang punya banyak pilihan. Beruntung jika punya waktu luang untuk keluar rumah. Tetapi bila tidak, tinggal buka ponsel, lakukan transaksi pembayaran, dan barang dapat diantar. Aktivitas yang menyenangkan dan mendatangkan kepuasan batin.

Perawatan tubuh

Perawatan tubuh juga punya opsi. Umumnya para wanita suka menempuhnya di salon. Namun saat waktu yang dipunya hanya sedikit, Anda bisa memanggil terapis ke rumah. Dapat pula mengadakan mini spa time alakadarnya.

Hangout bersama teman

Pergi saja dengan teman-teman Anda. Sembari berbelanja bersama, sekadar menikmati secangkir kopi, atau tadi, pergi ke salon. Buang stres yang mengendap, ganti dengan obrolan-obrolan seru penarik semangat.

Nonton film

Bicarakan dengan pasangan agar Anda dapat menonton. Satu film saja rasanya sudah sangat menghibur. Apalagi bila dilakukan intens. Menikmati film sambil menikmati kudapan ringan tentu menggairahkan.

Jalan-jalan pagi

Bagun pagi lalu lanjutkan dengan jalan-jalan di sekitar tempat tinggal. Udara yang masih segar selain menyehatkan juga memberi efek positif pada pikiran. Mood jadi bagus dan pikiran  tenang. Segudang aktivitas yang menanti dapat dihadapi dengan lebih ceria.

Seminar

Ikuti pembicaraan yang seru. Misalnya seminar parenting atau diskusi dengan topik kesayangan. Upgrade ilmu sekaligus cari teman-teman baru.

Dapur dan rumah tangga

Coba resep yang baru dan selesaikan beres-beres rumah hingga tuntas. Minta bantuan suami atau orang lain untuk menjaga anak. Sehingga “me time” bisa optimal tanpa gangguan.

Berkebun

Dekorasi taman dengan tanaman yang menarik. Atau mengubahnya sebagai apotek hidup. Warna hijau, unsur tanah, dan udara segar akan membantu mengembalikan vitalitas Anda.

Makan enak

Tak usah ragu bila ingin lari pada makanan enak. Memanjakan lidah dengan menu favorit. Apalagi bila disantap di restoran kesayangan bersama pasangan tercinta. Serasa bulan madu yang kedua.

Tidur

Kadang di luar dugaan, para ibu tidak menginginkan macam-macam. Hanya ingin tidur nyenyak, itu saja. Terlelap di atas kasur empuk, ditemani sejuknya AC, dan sepi. Tidak terbangun tiba-tiba karena tangisan bayi atau teringat belum mengangkat jemuran. Jadi, bantu mereka untuk sesekali tidur lebih lama tanpa gangguan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments