09

Profesi yang Diprediksi Bakal Ada di Masa Depan

Teknologi dan zaman terus berkembang. Memicu dinamika pergerakan manusia yang semakin beragam. Dunia tidak lagi monoton oleh jenis pekerjaan yang itu-itu saja. Tetapi semakin ramai dengan prediksi adanya profesi yang bakal muncul di masa mendatang.

Karenanya, kita tidak bisa diam dan menunggu. Orang tua harus mengubah pola asuh pada anak-anaknya. Guru dituntut makin kreatif mengenalkan aneka ilmu pada anak didiknya. Semata-mata demi generasi yang lebih mandiri dan siap menyambut tantangan.

Sekarang saja sudah mulai terasa. Kerja tak harus di kantor dan bertatap muka. Bermodal internet, pekerjaan bisa dituntaskan di mana saja dan kapan saja. Transaksi kerja sama antar negara seolah tak ada batasnya.

Tapi jangan pesimis. Tetap dukung minat dan bakat putra-putri tercinta. Kenalkan disiplin positif yang tinggi dan soft skill guna meraih mimpi.

Tele-doctor

Dokter nantinya diprediksi tidak perlu bertemu muka dengan pasien. Cukup berinteraksi lewat layar komputer dan selanjutnya tindakan medis akan dilakukan oleh robot. Jadi, operasi penyakit kronis tidak perlu lagi menunggu kedatangan dokter secara fisik. Tapi bisa dilakukan di tengah-tengah dokter sedang liburan atau di tempat yang jauh sekalipun.

Re-wilder

Sebutan re-wilder ditujukan pada profesi yang bisa menciptakan tanaman produksi atau tanaman baru. Profesi ini juga diharapkan mampu menyelesaikan kerusakan lingkungan akibat ulah manusia.

Garbage creative designer

Dunia membutuhkan orang yang kretif menyingkirkan sampah. Entah memanfaatkan sebagai bahan daur ulang. Atau melenyapkannya dengan cara-cara sehat sampai tak bersisa. Terutama sampah plastik yang kian menumpuk dari tahun ke tahun.

Simple idea expert

Mereka yang mempunyai ide akan sangat dihargai. Ahli mencipta sesuatu yang baru atau dapat merancang skala bisnis yang efisien. Hanya dengan mengeluarkan opini, uang sudah di tangan.

Robot counselor

Konsultan robot akan banyak bermunculan. Seiring dengan menjamurnya robot di tengah-tengah aktivitas manusia. Baik dalam skala rumah tangga maupun di fasilitas umum.

Aplication creator

Desainer aplikasi ke depan diminta tidak berhenti pada entertainment saja. Tetapi berkembang menciptakan aplikasi untuk memecahkan masalah secara sosial dan tantangan global.

Good teacher

Guru akan hadir di mana saja. Berkat kecanggihan teknologi, ia akan membantu menjawab persoalan para siswa tanpa batasan waktu. Tampil dengan gaya mengajar yang kreatif, aplikatif, dan menyenangkan.

Spesialis manula

Jasa spesialis yang mengerti dan memahami manula juga akan ada. Sekaligus menjadi perawat dan teman para manula yang tinggal seorang diri. Imbas generasi yang semakin menyibukkan diri di dunia kerja.

Human body designer

Perancang tubuh manusia melakukan perombakan sel-sel yang mungkin sekarang belum terbayangkan. Menciptakan bentuk hidung, mata, mengubah jenis kelamin, dan sebagainya. Jadi siap-siap saja kita akan bersaing dengan manusia bertubuh sempurna?  

Teman

Pekerjaan sebagai teman bakal laris manis. Hadir menemani, berbincang, menghadiri pesta bersama, dan jalan-jalan layaknya anggota keluarga sendiri. Mengisi kesepian, kesedirian, dan kejenuhan yang semakin tinggi di masa mendatang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments