30

Bolehkah Mengonsumsi Obat Penunda Haid demi Liburan?

Menstruasi kadang membuat repot. Acara jalan-jalan atau travelling bisa kurang optimal. Tak jarang kaum hawa mengakalinya dengan minum obat penunda haid. Tapi ketahui dulu seluk beluknya sebelum mengonsumsinya.

Pasalnya, walau obat penunda haid beberapa bisa dibeli dengan bebas di apotek, disarankan bagi Anda untuk tetap berkonsultasi lebih dulu ke dokter. Terutama dokter kandungan yang memahami riwayat kesehatan organ reproduksi Anda. Dan sebaliknya, hindari sumber-sumber yang bukan pakarnya atau kabar angin semata. Info yang valid tentang cara kerja obat penolong ini perlu diketahui dengan seksama.

Sebab obat ini cukup berpengaruh besar pada siklus menstruasi dan kadang bisa menimbulkan efek pada organ tubuh yang lain. Pengaruh pada sistem hormonal begitu kuat, munculnya bercak-bercak darah tanpa bisa diprediksi, dan pihak medis kerap kesulitan untuk mendeteksi tanda kehamilan pada diri Anda.

Karenanya tanpa ada alasan yang kuat, memang sebaiknya Anda menghindari penggunaan obat penunda haid. Meski Anda mengkonsumsi hanya sebentar saja.

Menekan kesuburan

Sebelum memberikan resep, dokter akan menilai kesehatan Anda. Rata-rata resepnya berupa terapi hormon melalui penggunaan pil KB. Di mana merangsang hormon untuk tidak mengeluarkan darah diwaktu yang sudah seharusnya. Namun bukan untuk difungsikan sebagai penunda kehamilan, obat ini hanya sebagai telat haid biasa.

Pil yang nanti diberikan terdiri dari dua paket, yakni pil aktif dan pil kosong. Pil aktif berisi kombinasi hormon estrogen dan progesteron. Menekan terjadinya kehamilan dan sekaligus pendarahan, alias haid. Sedang pil kosong (plasebo) hanya digunakan untuk membiasakan diri minum obat agar tidak lupa. Obat ini memberi jeda pada tubuh tetap mengalami menstruasi begitu terhentinya asupan hormon dari pil.

Bila hanya digunakan sebagai penunda haid, maka Anda tidak perlu mengonsumsi pil plasebo. Jika pil aktif sudah habis, Anda hanya perlu meneruskan dengan pil aktf dari paket selanjutnya.

Jenis paling aman

Saat ini jenis yang paling aman digunakan adalah pil. Lantaran dosisnya dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Sedang yang paling dihindari adalah jenis suntik. Jika dosis suntik tidak bekerja atau memberi pengaruh apa-apa, dokter akan menambah dosis lebih tinggi. Tentunya metode ini dapat berdampak buruk pada sistem reproduksi secara masif.

Waktu konsumsi dan efeknya

Dokter akan menyarankan waktu konsumsi terbaik di tiga hari sebelum haid tiba. Beberapa obat biasanya disarankan untuk dikonsumsi dua minggu sebelum biasanya haid datang. Diteruskan sampai menjelang waktu liburan. Namun, jangan kaget. Tubuh akan melakukan penyesuaian perubahan hormon. Pusing dan mual bisa dirasakan selama tiga hari pertama. Di waktu haid bulan berikutnya, kemungkinan jumlah darah yang keluar juga lebih sedikit.

Kondisi pas

Obat ini sangat tidak disarankan jika Anda sedang sakit. Misalnya sakit asma, epilepsi, endometriosis, anemia, dan migrain. Tetapi dianjurkan bagi wanita yang mengalami haid secara berlebihan, terasa sakit, dan berlangsung lama. Juga bagi penyandang disabilitas yang sering kesulitan mengganti pembalut. Obat ini juga tidak dilarang bagi yang ingin fokus pada aktivitas tertentu. Seperti akan beribadah atau bulan madu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments