28

Perawatan Benar Rambut Bayi

Mainkan aturan untuk merawat rambut bayi. Karena dia juga membutuhkan langkah khusus, layaknya orang dewasa. Penting bagi para orang tua mengetahui panduan dan tata caranya.

Jenis rambut orang tua dan anak dapat berbeda. Misalnya lurus atau keriting. Begitu pula tebal tipisnya. Namun perawatan sebenarnya bukan difokuskan pada batang-batang rambut. Melainkan pada area kulit kepala.

Bagian kulit kepala yang tak bersih, sama saja meninggalkan celah kuman untuk berkembang biak. Sedang terlalu sering mengusapkan sampo di rambut akan melunturkan kandungan minyak naturalnya. Dimana merupakan pelembap alami yang sangat dibutuhkan rambut.

Orang tua juga harus memastikan perawatan yang dilakukan menghasilkan kulit kepala yang sehat. Tidak menimbulkan efek samping atau iritasi yang mengganggu bayi. Kulit kepala yang sehat akan terasa lembut, bebas dari ruam berwarna kemerah-merahan, bebas cairan, dan tidak ada endapan kerak.

Cukur setelah lahir

Pada dasarnya tidak ada aturan baku tentang batasan waktu cukur rambut. Rata-rata dilakukan saat bayi berusia 30 sampai 40 hari di kalangan masyarakat. Tetapi sangat dianjurkan agar orang tua segera mengeksekusinya, tak lama setelah bayi lahir.

Fungsinya untuk membersihkan dari kotoran yang menempel erat di kulit kepala. Kotoran yang jarang terlihat bila rambut masih menyatu pada akarnya.

Bila rambut awal sudah terbabat habis, orang tua bisa membersihkan dengan optimal. Minimal mulai menyingkirkan kotoran dan dilanjutkan dengan pembiasaan keramas yang benar. Sembari menjalankan metode menumbuhkan rambut yang sehat tumbuh kembali.

Tentang keramas

Jika hanya menggunakan air saja, bayi boleh keramas setiap hari. Ini terutama bagi orang tua yang memiliki bayi dengan kondisi lahir khusus. Atau belum sepenuhnya percaya dengan kandungan sampo di pasaran.

Namun bila memakai sampo, cukup seminggu sekali saja. Pilih sampo yang memang dirancang untuk bayi baru lahir. Dengan kandungan pH 4,5 sampai 6. Sebab kandungan pH yang lebih tinggi dikhawatirkan akan membuat rambut bayi mudah kusut dan pelan-pelan jadi rusak. Setelah keramas, tambahan berupa kondisioner dan losion diperbolehkan. Terutama bagi kondisi rambut yang sangat kering.

Intensitas keramas dapat ditingkatkan jadi dua kali dalam seminggu. Sesuai dengan umur bayi yang terus bertambah. Pastikan bahannya tidak perih di mata dan tetap aman jika terkena wilayah mulut bayi.

Nutrisi dari luar

Rambut bayi membutuhkan asupan nutrisi penting, di antaranya zat besi, zinc, protein, vitamin A, D, E, pro vitamin B5, biotin, dan omega 3. Guna memperolehnya, orang tua bisa memanfaatkan berbagai bahan alami. Seperti minyak kelapa, minyak argan, citrus, minyak zaitun, minyak kemiri, seledri, lidah buaya, madu, dan kuning telur.

Selain menyehatkan, bahan-bahan tadi juga menyuburkan dan menghitamkan rambut. Cukup dioles-oleskan sedikit di kulit kepala serta rambut yang sudah tumbuh. Diamkan beberapa menit atau selama bayi terasa nyaman. Sudahi dengan keramas dan lihat hasilnya. Rambut tumbuh sehat, hitam, dan tebal. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments