27

Barang Wajib Ada dalam Mobil

Untuk Anda yang lebih sering menghabiskan waktu di jalan, tentunya mobil sudah serasa rumah kedua. Harus nyaman dan memenuhi kebutuhan. Karenanya, pastikan ada barang-barang ini di dalam mobil.

Barang-barang tersebut juga akan sangat menolong saat Anda dihadapkan pada kondisi darurat. Misalnya mobil rusak dan Anda seorang diri. Menunggu bantuan pertolongan tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Hadirnya barang-barang tertentu akan mengatasi masalah pada mobil jadi lebih mudah. Jadi sifatnya bukan sekadar sebagai kelengkapan semata.

Bagaimanapun sibuknya Anda saat ini, segera cek bekal di dalam mobil. Dapat menjadi teman yang bisa menolong kapan saja.

Dongkrak

Dongkrak hendaknya selalu ada. Alat vital yang seharusnya tak boleh dipisahkan dari bagasi mobil. Amat membantu ketika ban mendadak bocor. Jadi dengan sigap, Anda bisa memperbaiki ban secara langsung.

Ban serep

Sempurnakan dengan adanya ban serep. Walau ban yang terpasang di mobil telah berjenis tubeless. Anda tak perlu repot-repot membawanya ke bengkel. Cukup mengeluarkan ban cadangan dan mobil dapat segera melaju kembali.

Lampu cadangan

Membawa lampu cadangan masih sering  disepelekan oleh pemilik mobil. Padahal fungsinya sangat urgent jika lampu mobil mendadak mati. Jika tak segera diganti tentu akan membahayakan pengguna jalan yang lain. Simpan lampu baru untuk mengganti lampu yang sekiranya mendekati waktu pensiun.

APAR

Alat pemadam api ringan juga tak boleh ketinggalan. Setidaknya miliki tabung pemadam yang berukuran kecil untuk mengatasi masalah dengan kadar yang ringan. Letakkan di posisi yang mudah dijangkau atau diraih penumpang mobil.

Peralatan smartphone

Ponsel pintar memang sangat membantu, tapi juga bisa mengganggu. Karena itu, sediakan USB car charger yang tinggal dicolokkan ke soket listrik. Atau power bank untuk mengganti colokan saat sedang rusak. Lalu lengkapi dengan mouthing atau dudukan ponsel. Pasang di bagian yang mudah terlihat saat menyetir.

Obat pertolongan pertama

Tak perlu harus berada dalam kotak, Anda bisa mengemasnya dalam tas kecil. Masukkan dalam laci dashboard depan atau saku kursi yang menghadap belakang. Kecil namun efektif menolong setiap saat.

Tisu

Barang yang sangat lembut, tetapi ampuh menyelamatkan Anda dari kuman. Berdampak nyata pada kesehatan diri sendiri, maupun kebersihan di dalam mobil.

Tempat sampah

Upayakan mobil memiliki tempat sampah. Berukuran mini dan tertutup. Jika Anda tak memiliki tempat sampah yang permanen, gunakan wadah yang bisa dipakai. Jadi, sampah tidak berceceran dan menodai mobil sehingga aman dari sarang penyakit.

Makanan dan minuman

Bawa makanan dan minuman secukupnya. Hiburan bagi perut yang sudah keroncongan ketika berhadapan dengan macet panjang. Bisa pula sebagai pengusir kantuk, bila belum sampai tujuan.

Barang lainnya

Lalu, ada juga barang-barang yang sebenarnya tidak wajib, tapi bisa membantu kenyamanan. Asal tidak mengganggu unsur keselamatan. Sebab sifatnya juga tak bisa dipisahkan dari kebutuhan pengendara mobil saat ini. Misalnya CD musik, bantal, payung, pengharum mobil, kostum cadangan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments