20

Agar Cahaya dalam Rumah Tak Bikin Gerah

Iklim tropis memang surga cahaya. Namun saat cahaya berlebihan masuk ke rumah tentu jadi tak nyaman. Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya. Tanpa harus merenovasi atau merombak ruangan yang sudah ada.

Biasanya cahaya masuk berlebihan karena adanya jendela yang terlalu lebar. Terlebih jendela yang tertutup kaca dan langsung mengarah ke utara. Tanpa penghalang atau ada penyaring sama sekali. Membuat rumah terasa dihujani cahaya mentari tiada henti.

Cahaya yang masuk memang membuat ruangan jadi terang benderang. Anda tak harus mengandalkan lampu, terutama untuk siang hari. Namun saat jumlahnya jadi berlebih, cahaya memicu suhu naik. Ruangan terasa gerah dan penghuni rumah jadi kepanasan. Pandangan jadi terlalu silau untuk menangkap bayangan barang-barang yang ada di dalam ruangan.

Pasang heat reflecting film

Pasang kaca film untuk jendela berupa kaca. Benda tersebut akan menghasilkan fungsi ganda. Yakni mengurangi pantulan cahaya berlebihan di ruangan. Dan yang kedua, tetap menyajikan pemandangan luar secara jernih. Artinya, orang yang berada di dalam tidak terhalang untuk menatap keluar. Selain itu, heat reflecting film mampu memengaruhi suhu ruangan agar tidak terlalu tinggi.

Gorden dan tirai warna putih

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan gorden atau tirai pada bagian jendela. Namun usahakan yang berwarna putih atau cerah. Karena warna-warna tersebut bersifat melepaskan panas. Jadi suhu tinggi yang terbawa oleh cahaya tidak tersimpan di dalam rumah. Sedang bahannya bisa dipilih dari yang tipis atau tembus pandang. Anda dan sekeluarga bisa tetap leluasa menikmati apa yang ada di luar.

Tumbuhan di dalam ruangan

Letakkan tanaman yang cukup besar dalam pot di ruangan. Beri posisi mendekat ke jendela. Atau lebih tepatnya tempat cahaya masuk. Usahakan bentuk tanaman dapat jadi naungan dan tameng yang signifikan menghadapi kedatangan cahaya dalam porsi yang besar.

Permainan warna

Anda juga dapat melakukan permainan warna. Gunakan warna-warna yang lebih temaram. Seperti biru tua, kuning keemasan, oranye tua, merah, hijau, dan lain-lain. Jenis warna tersebut akan menyerap cahaya. Berpengaruh pada suhu ruangan dan pandangan mata yang lebih baik. Tetapi untuk menghindari ruangan jadi suram, sebaiknya Anda aplikasikan pada dinding yang menatap cahaya secara langsung. Pada sisi dinding yang lain biarkan berwarna putih atau cerah.

Matikan alat elektronik penghasil panas

Jangan lupa matikan alat elektronik bila tidak digunakan. Khususnya alat yang menghasilkan kalori atau panas. Semacam kompor, setrika, oven, lampu, komputer, serta lainnya. Bila memungkinkan, ganti isi ruangan yang kaya cahaya dengan alat elektronik dan barang-barang yang lebih bersahabat terkait suhu.  (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments