02

Perbincangan Asian Games di Dunia Maya

Sebagai tuan rumah Asian Games ke-18, Indonesia terus mendapat sorotan. Perbincangan di berbagai kalangan tak terhindarkan. Tak terkecuali di dunia maya yang ikut meramaikannya.

Membahas tentang hal-hal yang bersifat esensial hingga hal yang sebenarnya bersifat remeh temeh. Dibicarakan dengan gaya serius sampai yang mengundang tawa. Dari Asian Games pula muncul hiburan, aneka meme, dan masih banyak lagi.

Sebuah perusahaan analisa dan monitoring media berbasis Australia, Isentia, juga menemukan hal yang serupa. Setidaknya, tiga bulan menjelang perhelatan olahraga akbar ini, 138,379 perbincangan dilakukan di media sosial. Paling banyak terjadi di Twitter sebanyak 96,5%. Disusul Facebook 2,8%, Instagram 0,15%, dan angka 0,54% datang dari berbagai blog atau forum.

Angka tersebut dipastikan akan terus naik. Namun setidaknya, Isentia berhasil memperoleh angka menakjubkan yang masih mempunyai keterkaitan dengan Asian Games ke-18.

Trending topic

The opening ceremony pada 18 Agustus kemarin menjadi trending topic. Ada 74.075 pembicaraan di media sosial. Besarnya angka tersebut barangkali tidak terlepas dari kemeriahaan yang ditampilkan selama upacara pembukaan berlangsung. Tari Ratoh Jato yang mengundang decak kagum, begitu pula dengan sajian-sajian hiburan menarik lainnya.

Presiden Joko Widodo juga tidak ketinggalan. Namanya disebut berulang kali hingga mencapai 28.873. Mendudukkannya sebagai kata kunci yang paling banyak dicari. Mungkin saja adegan menuju Gelora Bung Karno dengan naik motor dan goyang dayungnya mencuri perhatian banyak orang yang belum sempat langsung menontonnya.

Maskot

Ada pula percakapan tentang tiga maskot lucu Asian Games. Yakni Bhin-Bhin, si burung cenderawasih, yang menjadi mayoritas perbincangan sebanyak 46,5%. Lalu Atung, si rusa, yang memperoleh angka 29,3%. Dan terakhir, Kaka, si badak lucu dengan prosentase 24,2%.

Sayangnya Isentia tidak merinci pembicaraan apa saja yang ditujukan pada ketiga maskot tersebut. Sehingga angka-angka yang dimunculkan menimbulkan tanda tanya.

Theme song chart

Selain maskot, lagu-lagu yang menyertai Asian Games 2018 juga banyak disorot. Sebut saja lagu Meraih Bintang yang dibawakan oleh Via Vallen disebut hingga 8.562 kali. Lagu Bright As The Sun Energy 18 mencapai 3.728 percakapan. Sedang lagu yang ramai-ramai dibawakan oleh Nev+, Ariel Noah, Dea dengan judul Janger Persahabatan menduduki angka 452.

Lagu lainnya, (Non Political) Asian Dance yang dinyanyikan Slank featuring Dipha Barus memperoleh 312. Terakhir, lagu Unbeatable yang diiringi suara J.Flow dan Dira Sugandi memiliki 252.

Obrolan tentang olahraga

Apa saja obrolan tentang olahraga yang paling banyak diminati? Sepak bola tetap menjadi idola dengan prosentase 48,3%. Diikuti bulutangkis 10,8%, pencak silat 9,8%, atletik dengan angka 8,1%, dan tenis 5,2%.

Perolehan medali

Hingga menjelang ditutupnya Asian Games, Indonesia menduduki peringkat empat besar dari negara peserta yang mengikuti. Total perolehan adalah 93 medali. Dengan rincian, 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Suatu pencapaian di luar dugaan, sebab sebelumnya Indonesia menargetkan berada di sepuluh besar dan 10 emas saja. Selamat untuk para atlit dan Indonesia. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Inasgoc

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments