01

Langkah Efektif Basmi Kutu di Rambut Anak

Serangga parasit satu ini memang membuat jengkel. Tak pernah pandang usia memilih tuan rumahnya. Sekali hinggap di kepala anak, sudah pasti diikuti berbagai rentetan dampak negatif. Untuk membasminya harus efektif dan hati-hati.

Umur anak menjadi faktor penentu. Penggunaan bahan yang sembarangan bisa membuat rusak kulit kepala dan rambut. Karena belum sepenuhnya tahan menghadapi efek samping yang ditimbulkan. Beberapa kasus buruk juga terjadi lantaran keteledoran menempatkan botol obat. Anak yang belum memahami fungsinya, menjadikannya mainan dan lantas meminumnya. Untuk itu para orang tua diimbau lebih waspada selama masa penggunaannya.

Namun tak perlu menunggu ketika mendapati kutu sudah berada di kepala anak. Bila dibiarkan cukup lama, anak akan menanggung banyak kerugian. Dimulai dari kulit kepala dengan gatal berkepanjangan. Terasa pula di bagian leher dan telinga. Aktivitas menggaruk terasa tak pernah berhenti. Kulit jadi luka dan perih saat tersentuh air. Berikutnya diikuti sikap rewel, tangisan, dan rasa tak nyaman. Orang tua ketiban ikut menanggung derita.

Obat pembasmi

Obat pembasmi kutu memang cara yang paling efektif. Terutama yang mengandung pediculicide. Biasanya terkandung dalam sampo, gel, mousse, krim bilas, atau produk perawatan rambut lainnya.  Baca keterangan yang tertera dengan seksama agar kulit kepala dan rambut anak tetap sehat.

Selain itu orang tua juga perlu mengetahui bahwa produk obat pembasmi kutu bersifat pestisida. Penggunaannya harus sesuai instruksi. Jika Anda khawatir mengaplikasikan dalam waktu yang panjang, coba sekali saja. Ulangi kembali di hari ke sembilan, sebagai perkiraan kutu baru menetas dari telur-telurnya.

Alternatif

Orang tua juga dapat mencoba alternatf yang lain. Yakni menggunakan bahan-bahan alami. Seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lemon, bawang putih, mouth wash, atau mayonaise. Oleskan pada bagian kulit kepala dan ratakan pada rambut secara keseluruhan. Lalu bungkus kepala dengan shower cap beberapa saat. Akhiri dengan keramas dan lihat hasilnya.

Sisir serit

Gunakan sisir serit untuk membantu. Jarak antar gigi sekitar 0,2 mm atau lebih sempit lagi semakin efektif menyeret kutu berikut telurnya keluar. Sisir ini makin efektif bekerja saat rambut basah. Karena di saat basah, kutu sulit bergerak dan pindah tempat. Atau sebelum menyisir, Anda mengoleskan obat pembasmi pada gigi-gigi sisir agar hasilnya maksimal.

Penggunaan barang pribadi

Segera ganti barang-barang pribadi si kecil dengan yang bersih. Bicarakan bahwa si kecil harus mengenakan barang-barangnya sendiri. Tidak bergantian dengan yang lain atau milik teman. Contohnya sprei, handuk, sarung bantal, topi, kerudung, dan masih banyak lagi. Supaya kutu tidak bebas berkembang biak dan tidak menulari yang lain.

Diikuti seisi rumah

Rangkaian perawatan ini sebaiknya diikuti oleh anggota keluarga yang lain. Serentak dan dalam waktu yang bersamaan. Jadi, kutu tidak mempunyai kesempatan sama sekali berpindah-pindah dari satu kepala ke kepala yang lain. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments