11

Alat Standar untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung masuk dalam kategori olahraga yang tak biasa. Ada tantangan alam yang kadang bisa membahayakan keselamatan. Bagi yang belum mahir atau mau mencoba pertama kali tentu membutuhkan persiapan. Ketahui dengan pasti agar pendakian perdana bisa meninggalkan kesan yang menyenangkan.

Mesti perkembangan teknologi sudah begitu pesat, namun kadang tak berdaya ketika berhadapan dengan alam. Bila Anda mulai tertarik untuk ikut mendaki, milikilah alat-alat standar yang membantu Anda saat mendaki. Sebab tidak mungkin kita akan terus meminta bantuan dan meminjam alat milik teman atau orang lain. Selain merepotkan, juga menandakan tidak peduli dengan keselamatan diri.

Apa saja? Berikut daftarnya yang mesti Anda bawa.

Ransel atau carrier

Pilihlah tas ransel atau carrier yang memang sudah didesain khusus membawa peralatan mendaki gunung. Jahitan dan bahannya kuat, memuat banyak barang, dan ukurannya sesuai dengan berat badan Anda. Ingat ada aturan khusus dalam saat memakai carrier, agar tidak mencederai bahu dan tulang punggung.

Tenda

Karena tidak ada hotel dan diharuskan tidur di alam terbuka, bawa tenda atau sleeping bag untuk bermalam. Lengkapi dengan matras agar Anda bisa menyandarkan punggung dengan nyaman.

Kostum khusus

Tentu Anda membutuhkan kostum khusus untuk melawan hawa dingin. Baju tebal dengan jaketnya. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, namun upayakan mudah dilipat dan tidak menghabiskan tempat di tas. Bawa pula jas hujan, buff, masker, topi atau kupluk, sarung tangan, dan lainnya.

Sepatu dan sandal gunung

Pastikan Anda mengenakan sepatu atau sandal gunung, bukan alas kaki biasa. Bila memungkinkan gunakan gaithers atau pelindung kaki. Fungsinya meminimalisir ranting tajam atau pacet yang kerap tak disadari melukai kaki.

Alat masak dan bahan makanan

Bawa alat masak ukuran mini, yang bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai wadah makan. Jadi, Anda tak direpotkan dengan perkakas yang banyak. Agar tetap semangat bawa makanan secukupnya dan camilan.

Trekking pole

Trekking pole atau tongkat mendaki bukan sekadar gaya. Berperan memecah beban yang Anda bawa agar tidak menumpu di kaki.

Survival kit

Anda membutuhkan survival kit untuk berjuang di kondisi darurat. Sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kondisi alam. Minimal pisau lipat untuk menghadapi ancaman di depan mata.

Alat navigasi dan komunikasi

Selain ponsel atau HT, selipkan alat navigasi. Seperti kompas, peta, dan alat navigasi darat. Pasang jam tangan tahan air agar Anda kapan saja mudah membaca waktu.

Obat-obatan

Walaupun jarang sakit, tidak ada salahnya membawa obat-obatan pribadi. Langkah antisipasi saat pilek atau masuk angin melanda. Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Lainnya

Peralatan lain yang tak kalah penting adalah senter sebagai cahaya penerang, baterai cadangan untuk kelangsungan hidup alat elektronik, kantong sampah plastik, alat mandi, dan sebagainya. Simpan uang yang cukup untuk bekal di perjalanan. Begitu pula dengan kartu identitas sebagai tanda pengenal diri. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments