31

Pentingnya Menjaga Kebersihan Mulut dan Tangan Si Kecil

Kebersihan rumah sudah terjaga, tapi kenapa si kecil masih mudah sakit? Barangkali jawabannya terletak pada kebersihan mulut dan tangannya. Tanpa disadari, anak suka memegang benda apa saja yang ada di dekatnya, menempelkan di mulut, bahkan menggigit. Kuman pun masuk dan jadi penyakit. Maka, penting untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan tangan si kecil.

Data menunjukkan, setidaknya 90% materi masuk ke tubuh melalui mulut. Organ oral yang seharusnya akses untuk makanan dan minuman, menjadi akses pula untuk virus, kuman dan bakteri. Diperparah kebiasaan anak yang suka mengusap wajah, juga membuat bibit penyakit makin intens mendekati area mulut. Tak ayal, via tangan dan mulut, kuman berkembang biak dan bikin si kecil sakit.

Agar tidak terus berlangsung, cek dari sekarang kebersihan mulut dan tangan anak. Langkah antisipasi lebih baik daripada mengobati.

Cuci tangan

Cuci tangan adalah langkah yang umum dilakukan untuk menjaga kebersihan tangan. Terbukti ampuh sebab kuman dan bakteri yang menempel hilang, mati karena sabun dan larut dalam air. Cuci tangan si kecil usai dari luar rumah, setelah makan, selesai bermain dan terutama memegang benda atau mainan, setelah buang air kecil atau besar, dan sebagainya.

Cuci mulut

Cuci mulut si kecil sekalipun belum waktunya menggosok gigi. Anda bisa melakukan tiap hari, cukup di malam hari atau disesuaikan kondisi anak agar nyaman. Lap area luar di sekitar mulut dan bibir dengan bersih dan keringkan. Untuk bagian rongga mulut, Anda bisa mengambil kain kasa yang dicelupkan air hangat. Usapkan perlahan di bagian dalam mulut dan sepanjang gusi. Kotoran yang biasanya berupa sisa-sisa makanan maupun bakteri ikut menempel di kain kasa tadi.

Bersihkan barang-barang di rumah

Mungkin Anda sudah memastikan barang-barang di rumah bersih. Tapi tinjau ulang mainan atau benda-benda favorit yang kerap jadi sasaran si kecil. Seperti gagang pintu, pegangan anak tangga, cover buku atau majalah. Termasuk kebersihan ponsel yang sekarang menjadi teman main anak, lebih-lebih ponsel kerap dipegang banyak tangan. Bila perlu, tak sekadar dilap agar debunya menghilang, gunakan cairan antiseptik untuk memusnahkan bakteri yang bersemayam di sana.

Bawa peralatan jika keluar rumah

Agar senantiasa terjaga, lengkapi alat tempur yang mesti dibawa saat membawa anak keluar rumah. Seperti tisu kering, tisu basah, cairan instan pencuci tangan, dan handuk kecil. Pastikan tangan dan mulutnya aman, sebelum mengunyah makanan atau setelah memegang benda-benda yang ada di luar.

Batasi kontak dengan orang lain

Bukan melarang, tapi demi kesehatan anak, minta orang lain untuk tidak terlalu dekat dengan anak. Sampaikan dengan sopan untuk tidak mencium dan mendekap yang berlebihan. Terlebih bila orang tersebut sedang pilek, batuk, atau perokok, Anda harus lebih ekstra waspada. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments