20-1

Kantin Solo, Tombo Kangen

Masyarakat asli Jawa Tengah yang tinggal di Bintaro lidahnya cukup termanjakan. Restoran yang menyajikan masakan Jawa Tengah cukup banyak bertebaran di Bintaro dan sekitarnya. Sehingga ketika mereka rindu dengan kuliner daerah asal, dengan mudah bisa cari tombo kangen.

Interior yang simpel dan nyaman.

Salah satu restoran yang menyajikan menu khas Jawa Tengah adalah Kantin Solo. Resto yang terletak di salah satu ruko di Kebayoran Arcade ini, bisa dibilang menyajikan masakan yang sangat njawani. Bukan karena interiornya yang serba kayu, tapi karena cita rasa masakannya yang serba manis, khas Solo.

Teknik tradisional

Jika berbicara tentang masakan Jawa, salah satu makanan yang cukup populer di lidah banyak orang adalah bakmi jawa. Sedikit berbeda dengan kebanyakan bakmi jawa yang menggunakan mi besar, bakmi jawa di Kantin Solo memakai mi yang tipis dan kecil.

Dengan begitu, seporsi bakmi jawa yang terlihat menggunung di piring tidak membuat perut terlalu kekenyangan. Porsi yang pas. Bakmi/bihun goreng atau godog, serta nasi goreng tersebut dimasak di atas anglo yang menggunakan arang. Sehingga aromanya sangat khas. Begitu juga dengan magelangan, yaitu nasi goreng campur bakmi dan bihun. Semuanya bisa Anda nikmati dengan harga Rp 25 ribu. Bila Anda ingin menambah ati ampela, uritan, kepala, brutu, sayap ayam, Anda cukup menambah Rp 7.000.

Bakmi jawa goreng.

Menu lain yang bisa Anda nikmati adalah nasi liwet keprabon solo, yaitu nasi gurih yang dimasak dengan santan. Disajikan bersama dengan ayam suwir, telur pindang, kumut santan, dan kuning telur. Dan jangan lupakan Selat Solo, daging sapi kuah manis yang disajikan bersama kentang goreng, wortel, buncis, daun selada, mayonaise, serta acar timun.

Cicipi pula ayam bakar di resto ini. Ayamnya tidak dibakar di atas bara api, melainkan dipanggang dari kuali yang terbuat dari tanah liat. Cara ini membuat aroma ayam bakar lebih menggoda dan bumbu pun meresap dengan baik, sehingga rasanya lebih lezat.

Minuman segar hingga hangat

Segala masakan Jawa Tengah ini sangat nikmat ketika bersantap sambil menyeruput teh poci. Apalagi gula yang digunakan gula batu. Sehingga tidak terlalu manis. Namun bila Anda ingin minuman untuk menyegarkan tenggorokan, pesan saja es teh leci.

es teh leci.

Kalau Anda ingin menghangatkan badan pada malam hari, Anda bisa memesan wedang jahe atau wedang ronde. Atau Anda bisa meminum wedang beras kencur atau kunyit asem. Kedua minuman ini juga bisa dipesan dingin. (YBI)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Yudhanti Budi

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments