06-2

Sensasi Olahan Kambing ala Cairo

Anda berencana pergi wisata ke kota Batu, Malang? Coba nikmati sensasi lain dari daging kambing di rumah makan Cairo. Rumah makan legendaris yang menyajikan rasa rempah ala Timur Tengah.

Terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 62, cukup dekat dari pusat kota dan wahana wisata terkenal di Kota Batu. Cukup menghabiskan lima hingga sepuluh menit di jalan, tak macet pula. Jadi sekiranya Anda lapar setelah menikmati berbagai wahana, tak ada salahnya beristirahat dan mengisi perut di sana. Fasilitas seperti toilet dan mushola juga tersedia.

Restoran sederhana, makanannya juara.

Suasananya cukup sederhana dengan aroma asap sate kambing yang kuat tercium setiap saat. Di bagian luar, Anda akan menjumpai tempat pembakaran sate dan martabak. Lagi-lagi, bau khasnya bisa membuat lapar siapapun yang lewat. Rugi jika Anda abaikan begitu saja.  

Serba kambing

Mayoritas menu yang ditawarkan semuanya tidak lepas dari daging kambing. Sate dan gule menjadi menu idaman. Begitu dipesan, sate langsung disiapkan dan dibakar. Saat disajikan panas-panas dengan bumbung kacang campur kecap, rasanya begitu sedap. Dagingnya empuk sebab sengaja mengambil kambing muda pilihan. Sepuluh tusuk sate kambing bisa disantap dengan harga 35 ribu rupiah saja. Murah kan?

Hidangan lainnya seperti nasi samin atau lebih dikenal dengan nasi kebuli juga menjadi incaran para pengunjung. Kuatnya aroma rempah dengan irisan daging kambing kecil-kecil sungguh menggugah selera. Begitu pula kambing goreng, kambing oven, gule kikil, nasi goreng kambing, dan krengsengan yang bisa membuat Anda menambah porsi nasi berkali-kali.

Sate kambing muda.

Cairo juga membuat semacam dessert, yaitu martabak dan roti maryam (parata). Martabak Cairo juga menggunakan telur bebek seperti martabak kebanyakan. Bedanya terletak pada paduan bumbu yang ditaburkan di atasnya, sehingga ada rasa rempah yang begitu kuat. Sedang roti maryam sangat mirip dengan roti cane. Bentuknya bulat tipis dan terasa gurih margarin. Nikmati selagi hangat.

Bila ingin mencoba selain daging kambing, daging ayam juga tersedia. Disajikan dalam bentuk sate, soto, dan opor. Dagingnya diolah jadi sama empuknya seperti daging kambing. Sate ayam hanya 25 ribu rupiah, soto ayam senilai 17 ribu rupiah , dan opor ayam cukup 25 ribu rupiah.

Unik

Rasa memang menentukan, begitu pula menu masakan. Dan inilah yang menjadikan Cairo diincar banyak orang. Tak lain karena marak, atau gule kambing ala Arabian. Penampilannya tak jauh berbeda dengan gule umumnya, yang membedakan adalah taste-nya. Kuatnya pala begitu mendominasi pada kuahnya, tapi tetap aduhai rasanya. Kuah hangat ditambah khasiat rempah langsung membuat badan hangat, mengusir hawa dingin kota Batu.

Ingin minuman dingin atau panas lengkap tersedia. Kopi, teh, susu cokelat, jahe, jeruk, sirup, hingga minuman kemasan bisa Anda pesan. Menariknya, Cairo menyediakan susu kambing Etawa yang dibanderol 11 ribu rupiah per gelasnya. Jangan lupa juga untuk mencicipi STM, minuman campuran susu, telur, dan madu. Lebih tepat disebut jamunya Cairo, yang sangat ampuh untuk meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan Anda. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Lies Afroniyati

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments