01

Biaya Pesta Kembang Api yang Bikin Geleng Kepala

Selamat tahun baru! Saat pergantian tahun, hampir semua negara, termsuk Indonesia, merayakannya dengan membuat atraksi kembang api. Kemeriahan yang hanya berlangsung beberapa menit tersebut bisa menghabiskan dana puluhan miliaran rupiah!

Jika melihat besar biaya dan lamanya pertunjukkan, rasanya memang sayang. Bayangkan, puluhan miliar  habis dalam beberapa menit saja, bila dibangun sekolah bisa menjadi berapa puluh sekolah. Namun, tak  salah juga, karena ribuan atau bahkan mungkin jutaan orang bisa terhibur dengan atraksi kembang api. Toh, hanya setahun sekali.

Tak perlu Anda pikirkan, cukup nikmati saja atraksinya. Dan sekadar info, inilah berbagai cerita meriahnya pesta kembang api di berbagai negara beserta biaya yang mereka keluarkan.

Dubai, besar pengeluaran besar pemasukan

Dari tahun ke tahun, Dubai selalu menjadi negara peringkat pertama dengan pesta akhir tahun paling meriah. Tercatat pernah menghabiskan 84 milyar rupiah lebih demi menyambut tahun baru 2015. Angka tersebut untuk menyalakan 500.000 kembang api dalam waktu 6 menit!

Area Burj Khalia, yang juga gedung tertinggi di dunia, merupakan lokasi favorit menyalakan kembang api secara akbar. Walaupun biayanya besar, dipastikan Dubai memperoleh laba yang tidak sedikit, pasalnya pesta tersebut juga dimeriahkan oleh pesohor dari berbagai dunia dan sekaligus uang untuk berbelanja barang di sana.

London, puluhan miliar untuk 11 menit

Akhir tahun lalu, demi atraksi kembang api yang spektakuler di London Eye, pemerintah setempat mengeluarkan biaya hingga 1,8 juta poundsterling, atau sekitar 33 miliar rupiah. Terlihat kecil? Eits, itu hanya untuk atraksi kembang api selama 11 menit! Anggaran itu demi membeli 400 tipe kembang api yang menghasilkan 10.000 ledakan.

Sejak 2005, London Eye telah menggantikan jam besar Big Ben sebagai pusat perayaan di tahun-tahun sebelumnya. Untuk menikmati kemilau kembang api, para turis berkumpul di jembatan London. Berbagai parade ramai bergerak dari Westminster melewati pusat kota hingga berakhir di Green Park sore menjelang perhantian tahun.

Sidney, terkeren sedunia

Tahun lalu, Sidney mengklaim bahwa atraksi kembang api akhir tahun mereka adalah yang terbesar dan terbaik di dunia. Wajar saja, karena kota Sidney menghabiskan dana hingga sekitar 74 miliar rupiah untuk atraksi kembang api di Sidney Harbour Bridge.

Disana kembang api tampil sempurna dengan latar belakang Opera House dan jembatan. Tak hanya itu, untuk menambah kemeriahan, Sidney sengaja melibatkan kapal-kapal pesiar. Lebih dari 10 menit, pengunjung terpukau oleh efek pancaran 30 ribu kembang api. Disusul dengan permainan cahaya yang ditembakkan oleh meriam tiap jamnya.

Perlu dicatat, biaya tersebut adalah data tahun lalu, ketika menyambut tahun 2017. Tahun ini, tentu bisa berubah, bisa menurun atau malah bertambah. Yang pasti, akhir tahun selalu menjadi ajang kemeriahan dan pesta. Semoga Anda tidak terjebak oleh penghamburan dana sesaat, karena tahun 2018 baru mulai. Masih banyak hari yang harus Anda lewati. (LAF) 

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments