3112

Mengenal Alat Transportasi di Museum Angkut

Museum memang identik dengan barang-barang kuno lengkap dengan suasana yang kaku dan membosankan. Tak heran, museum belum jadi tujuan wisata utama ketika liburan. Tapi hal yang jauh berbeda akan Anda temukan ketika mengunjungi Museum Angkut.

Terletak di Kota Batu, tak jauh dari pusat kota. Koleksi berbagai jenis angkutan tersedia, dari masa ke masa, dari dalam negeri hingga mancanegara. Di setting dengan dekorasi yang sangat apik, atraktif, dan mengunggah pengunjung untuk berlama-lama di sana. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa belajar lebih banyak mengenal alat transportasi dan sejarahnya tanpa rasa bosan sedikitpun. Tak heran, bila museum ini mendapat penghargaan sebagai Museum Terbaik Nasional 2017 kategori milik perseorangan/masyarakat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Area dalam museum angkut.

Bila Anda ingin pergi kesana, gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman namun tetap stylish. Tak lain, karena Anda akan diajak berkeliling di area seluas empat hektar. Pun hampir tiap sudut disana perlu untuk diabadikan sebagai kenangan.

Replika kota-kota di dunia

Tak ketinggalan kota-kota besar juga dapat Anda kunjungi. Italia, Prancis, Jerman, Belanda, Tiongkok, dan negara lain. Cukup detail dan lengkap dengan karakter masing-masing. Begitu pula dengan studio Hollywood dan superhero-nya, sebelum menuju pintu keluar.

Gangster Town

Gangster Town yang seru.

Rasa New York juga hadir di sini. Anda bisa memasuki kantor polisi, toko oleh-oleh, restoran dan bangunan masa lampau yang ada di Amerika. Lengkap dengan berbagai jenis kendaraan seperti mobil pemadam kebakaran, yellow taxi, dan mobil polisi.

Buckingham Palace

Bila di kota asalnya, Anda hanya boleh melihat dari luar, kali ini Anda boleh masuk dan berfoto ria. Ada bus tingkat warna merah dan trem kuno yang bisa dikendarai. Potret penerus kerajaan lengkap berjejer di bagian dinding atas. Patung ratu Elizabeth juga duduk manis di samping kursi kosong, siap mengajak Anda untuk berpose bersama.

Runway 27

Silahkan menyetir pesawat.

Sensasi Runway 27 tak ada duanya. Bayangkan saja, Anda bebas mencoba memegang setir pesawat. Pesawatnya pun sungguhan, bukan mainan. Ada pula replika roket dengan ketinggian yang menawarkan pemandangan alam kota Batu di tengah lingkaran pegunungan.

Pasar Apung Nusantara

Bila lelah dan lapar, Anda tinggal menuju kawasan pasar apung. Sesuai namanya, pengunjung bisa menikmati hidangan kuliner di atas danau buatan. Atau train cafe yang tak lain adalah kafe di dalam sebuah kereta bekas.

Koleksi alat angkut

Alat transportasi dipajang dengan menarik.

Rasanya segala jenis angkutan ada disana. Baik tradisional maupun modern. Kereta kuda, pedati sapi, macam-macam angkutan air, aneka bentuk mobil, motor, kereta api, pesawat, bahkan roket pun ada. Beberapa merk mobil dan motor yang sudah tidak produksi pun terjejer rapi di sana. Bahkan ragam senjata, peluru, dan alat perang dipajang.

D’Topeng Kingdom Museum

Letaknya berhadapan langsung dengan pasar apung tadi. Pengunjung bisa melihat-lihat warisan budaya. Beraneka ragam patung, topeng, kain batik, dan lain-lain bisa dilihat dengan seksama. Tampaknya Museum Angkut memang ingin mengkombinasikan warisan leluhur, nilai edukasi, disamping tetap memanjakan tamunya lewat berbagai hiburan. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Lies Afroniyati

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments