2912

Rambu-rambu Pakai Lensa Kontak

Awalnya, lensa kotak digunakan sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang mengalami masalah rabun jauh. Namun, sekarang penggunaan lensa kontak berkembang untuk memperindah bola mata, bukan lagi sekadar untuk mengatasi masalah mata. Padahal ada aturan khusus yang tak boleh dilanggar.

Salah kaprah mengaplikasikan lensa kontak pada mata bisa berakibat fatal. Organ visual satu ini bisa mengalami kemerahan, kering, radang pada kornea, dan infeksi berbahaya lainnya. Bila tak segera diobati, bisa menimbulkan masalah mata berat. Maka jangan mudah tergiur harga yang murah dan membeli di tempat-tempat sembarangan. Terutama untuk Anda, kaum hawa, yang ingin mempercantik diri dengan lensa mata.

Konsultasilah ke dokter lebih dulu, dan patuhi tata tertib penggunaan lensa kontak secara aman.

Jenis lensa kontak

Ada dua jenis, yaitu soft contact lenses dan hard contact lenses. Jenis yang pertama berbahan lembut dan lentur. Nyaman digunakan, sehingga laris di pasaran dengan beraneka warna agar bola mata terlihat lebih menarik. Tapi tetap hati-hati, ya.

Jenis kedua terbuat dari silicone hydrogel, sejenis plastik yang mampu menyerap banyak air. Bentuknya keras dan kaku, tapi hasil penglihatan lebih tajam. Harganya relatif mahal dan tidak dijual bebas. Untuk mendapatkannya membutuhkan resep dokter, sebab biasanya hanya kelainan mata tertentu yang membutuhkan hard contact lenses.

Perhatikan masa kadaluarsa lensa kontak. Sekali pakai, mingguan, hingga bulanan. Paling lama enam hingga dua belas bulan. Tidak lebih dari delapan jam sehari, Anda harus melepasnya. Segera ganti lensa kontak jika sudah terasa tak nyaman digunakan.

Perawatan

Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan lensa kontak. Hindari menggunakan sabun kosmetik, sebab parfum atau bahan tertentu bisa menempel pada lensa. Keringkan tangan dengan lap yang bersih.

Jangan mencuci di bawah air keran. Mikroorganisme yang masih hidup bisa langsung masuk ke mata Anda lewat lensa. Selalu gunakan cairan disinfektan, obat tetes mata, dan cleaners yang direkomendasikan oleh dokter. Perhatikan masa pakai lensa.

Untuk tempat lensa, bersihkan tiap kali Anda menggunakannya. Sterilkan dengan cairan khusus atau air hangat, lalu keringkan. Ganti tempat lensa tiap tiga bulan sekali.

Lensa kontak vs makeup

Agar saling menunjang penampilan, pemakaian lensa harus sinkron dengan makeup. Pasang lensa lebih dulu pada mata sebelum mengoles makeup pada wajah. Langkah ini untuk menghindari makeup menempel pada bagian lensa. Sebaliknya, copot lensa sebelum menghapus riasan. Pastikan juga kuku Anda pendek, bersih, dan kering saat memegang lensa. Terutama jari telunjuk.

Namun bila Anda menggunakan hair spray, semprotkan dahulukan cairan rambut tersebut, baru pasang lensa kontak.

Yang dilarang

Jika ingin bagian mata tetap sehat, hindari hal-hal berikut ini. Antara lain menggunakan lensa 24 jam lebih tanpa dilepas sama sekali, mencoba bekas orang lain dan bergantian, lepaskan saat tidur, mandi, keramas, dan berenang. Satu lagi yang harus Anda waspadai, kurangilah berkedip-kedip saat memakai lensa mata, karena berbahaya bagi kornea. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments