2612

Trik Hemat dalam Belanja Online

Belanja online semakin memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan. Tinggal menatap layar, barang bisa sampai ke rumah. Namun kemudahan belanja tersebut bisa menyeret Anda ke jerat boros.

Padahal sejatinya, belanja secara online bisa lebih hemat. Sebab Anda tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk transportasi. Artinya pengeluaran bisa ditekan, dan Anda dapat mengalokasikan sisa uang untuk kebutuhan yang lain.

Ada banyak cara untuk tetap hemat. Berikut langkah-langkah yang bisa dipraktekkan langsung.

Kebutuhan atau keinginan

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda. Belum tentu apa  yang Anda inginkan merupakan materi yang dibutuhkan. Tarik napas dalam-dalam dan pikir ulang sebelum Anda melakukan transaksi pembelian.

Jangan mudah tergoda oleh foto yang dipajang dalam etalase lapak atau diskon besar yang ditawarkan. Meskipun nilainya murah, tetapi jika Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut hanya akan menjadi pemborosan. Tahan diri. Tunggu momen dan cari alasan yang rasional bahwa memang Anda perlu untuk belanja online.

Membandingkan lapak termurah

Ada begitu banyak lapak online dengan harga bersaing. Jangan ragu-ragu untuk membandingkan. Lebih baik menghabiskan waktu sedikit lama ketimbang Anda harus membayar lebih tinggi untuk barang yang sama. Rugi kan?

Bukan berarti harga sudah cukup menjadi sorotan. Perhatikan pula biaya pengiriman yang dipatok, kemudahan sistem pembayaran, tambahan nilai pajak, dan biaya-biaya lain. Tanpa disadari biaya-biaya lain tersebut menjadi penyumbang besarnya pengeluaran untuk sekali bertransaksi online.

Namun Anda perlu curiga bila lapak menawarkan harga yang terlalu rendah, jauh di bawah harga pasar yang berlaku. Karena siapa tahu, tidak ada jaminan kualitas yang pasti. Sehingga Anda bisa menerima barang yang cacat, dan jadi repot sendiri untuk melakukan klaim ganti rugi pada penjual.

Gunakan voucer dan kode promo

Siapa yang bisa menolak potongan harga. Apalagi hanya tinggal memasukkan kode voucer atau promo tertentu. Dalam hitungan detik, Anda langsung mendapat harga terendah. Amati dengan jeli promo yang biasanya terpampang di halaman muka lapak. Pelapak juga biasanya mengirim kode voucer lewat email atau ponsel. Kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Berlangganan newsletter

Saat mengunjungi lapak tertentu, jangan ragu untuk bergabung dan mendaftarkan email. Lewat email atau aplikasi lain, mereka akan rutin mengabarkan kondisi terkini yang bisa Anda raih. Baik diskon, promo, atau inovasi yang semakin memudahkan dunia shopping. Mungkin Anda yang sudah menunggu lama atau bertepatan akan belanja jadi menemukan waktu yang tepat.

Belanja banyak sekaligus

Buat daftar kebutuhan dan lakukan transaksi dalam sekali waktu. Dengan berbelanja sekaligus Anda akan menghemat biaya pengiriman dan tambahan pajak yang harus ditanggung. Ketimbang bolak-bolik mesti membuka situs lapak, lebih baik beres dalam satu kesempatan. Di sisi lain, Anda juga hemat waktu dan kuota internet. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments