1712

6 Ide Seru untuk Berlibur di Rumah

Liburan sekolah sudah di depan mata. Sayang, belum tentu orang tua juga mempunyai jatah libur yang sama. Jangan khawatir, libur sekolah anak bisa tetap berkesan. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah.

Dengan libur, waktu anak di rumah lebih banyak. Isi dengan aktivitas santai tapi tetap bermakna. Manfaat yang bisa dirasakan adalah menghangatkan kedekatan orang tua dan anak. Serta untuk mengembalikan kembali semangat anak. Agar ketika kembali bersekolah anak memiliki energi baru dan banyak cerita untuk dibagi ke teman-temannya.

Setting rumah sebagai lahan berlibur. Barangkali beberapa kegiatan berikut bisa menjadi ide.

Proyek seni

Seni tak pernah membosankan. Terlebih untuk Anda sekeluarga yang menyukai seni. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan kegiatan seni tentu tak jadi soal. Main musik bersama, memanfaatkan kain perca, mengubah barang-barang bekas jadi mainan, dan sebagainya. Tak sekadar iseng, tapi juga menumbuhkan kreasi dan inovasi.

Riset dan sains

Bila anak cenderung menyukai dunia sains, kesempatan emas untuk menggali lebih dalam potensinya. Gunakan alat-alat di rumah guna menjawab fenomena sekitar lewat eksperimen. Anda bisa menyiapkan kostum seperti analis di laboratorium dengan jas putih dan kacamata khusus. Menarik dan menantang, tapi tetap fun di mata anak-anak.

Teka teki dan petak umpet

Teka teki dan petak umpet memang tergolong permainan yang tidak mudah. Karena menuntut para pemain untuk berpikir keras dan bergerak kesana kemari. Sekadar untuk menemukan jawaban atau mencari barang tertentu. Tetapi jangan ragu untuk mengusungnya. Permainan ini bisa menggugah antusiasme anak dan merangsang daya berpikir yang kritis. Agar semakin menarik, Anda bisa memberikan iming-iming hadiah bagi yang bisa memecahkan misteri.

Dekorasi rumah

Dekorasi dan beres-beres rumah juga bisa menjadi alternatif liburan. Rutinitas domestik rumah tangga ini sekilas memang tampak membosankan. Namun, Anda dan anak bisa mengemasnya jadi kegiatan yang menarik. Misalnya mendesain ulang kamar anak dengan tata ruangan yang baru, memberikan sedikit sentuhan pada perabot yang sudah usang, mengganti wallpaper, menyeleksi lagi barang-barang apa saja yang harus dikeluarkan agar rumah lebih lega. Hasilnya, liburan sekolah yang panjang dibarengi dengan suasana rumah yang makin nyaman.

Memasak bersama

Menjadi koki bersama anak tentu menjadi pengalaman tak terlupakan. Cari resep makanan kesukaan dan buat bersama-sama di rumah. Ingin mencoba resep baru juga boleh saja. Berikan tugas pada anak untuk menyelesaikan pekerjaan yang ringan, sedang orang tua bisa mengambil peran pada bagian penggorengan, contohnya. Sediakan teh hangat dan nikmati hasil masakan bersama.

Berbagi ke sesama

Liburan bukan berarti harus selalu bersenang-senang. Ajak anak untuk mengerti kebutuhan orang lain. Mungkin ada baju yang lama tak terpakai atau mainan yang masih layak bisa dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Bantu anak memilah-milah barang yang ingin disumbangkan dan kemas dengan rapi. Liburan jadi meninggalkan kenangan yang mendalam. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments