1212

Kebiasaan yang Bikin Dana Liburan Jebol

Rencana yang matang untuk liburan yang berkesan sering gagal dilaksanakan. Penyebabnya tak lain karena jebolnya anggaran. Padahal prediksi pengeluaran sudah diperkirakan dengan rinci. Mungkin penyebabnya bukan faktor dari luar, tapi datang dari diri kita sendiri.

Dana liburan yang jebol bisa memicu munculnya masalah yang lain. Karena jebol, Anda mau tidak mau harus merogoh tabungan dan dana cadangan untuk menutupi kekurangan. Saat liburan selesai, tabungan jadi tipis dan harus lebih irit ke depannya agar tak makin tekor.

Tak ingin terus kebobolan? Tahan pengeluaran sehemat mungkin dan lakukan beberapa langkah berikut ini.

Serba dadakan

Salah satu sebab bobolnya dana liburan adalah serba mendadak. Karena waktu yang singkat dan mepet dengan jadwal, reservasi hotel dan tiket juga mendadak sehingga Anda kena harga yang tinggi. Berbeda bila Anda melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Maka, lingkari tanggal merah di kalender dan ajukan cuti agar ongkos transport dan penginapan bisa dipangkas.

Minim bekal

Sekalipun di tempat wisata banyak yang menjajakan makanan atau camilan, tapi tetap lebih hemat Anda membawa sendiri dari rumah. Harga makanan di lokasi wisata sering dibanderol lebih tinggi ketimbang lokasi pemukiman. Tidak ada salahnya Anda menyiapkan sebotol air dan sekotak kudapan untuk menahan rasa lapar.

Kelebihan bagasi

Bagasi yang lebih dari batas maksimal jelas akan kena tambahan biaya. Mau tak mau Anda harus merogok kocek lagi supaya barang-barang terangkut semua. Tapi jadi sayang kan? Mesti keluar uang dan bawaan berat membebani perjalanan.

Kuliner berlebihan

Mencicipi makanan lokal seperti sudah menjadi ritual. Tapi jangan berlebihan. Diantara sekian variasi makanan, pilih mana yang paling ingin Anda coba. Biarpun dihargai murah, memesan menu berlebihan juga membuat billing membengkak. Di akhir-akhir tetap saja Anda harus membayar mahal. Bahkan kadang lebih dari anggaran makan yang telah dibuat.

Biaya tak terduga

Banyak biaya tak terduga yang turut membuat dana liburan tak terkendali. Tiba-tiba saja Anda atau anggota keluarga sakit dan harus membeli obat yang cukup mahal. Alas kaki putus atau tas ransel mendadak rusak. Pilihan satu-satunya adalah membeli baru dengan segera. Jika tak ingin mengalami hal tersebut, pastikan sebelum keberangkatan kondisi badan fit, bawa obat-oabatan pribadi, dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kondisi baik.

Transport pribadi

Setelah sampai di lokasi, manfaatkan semaksimal mungkin angkutan massal selama liburan. Seperti kereta api, trem, atau bus kota. Gunakan seperlunya taksi dan mobil rental untuk menjangkau daerah-daerah terpencil. Bila berlebihan, anggaran jadi membesar dan habis hanya untuk di jalan.

Oleh-oleh berlebihan

Buah tangan bisa berubah jadi batu sandungan. Pikir masak-masak sebelum membeli suvenir ketimbang harus mengalami tentengan yang makin berat, kena bea tambah bagasi, dan tentunya dompet kian tipis. Beli oleh-oleh secukupnya untuk orang-orang yang Anda kasihi. Ringan di kantong dan tetap membuat liburan jadi berkesan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments