0912

Pikir Ulang Sebelum Menikmati Diskon Akhir Tahun

Diskon selalu gencar ditawarkan saat bulan terakhir di ujung tahun. Mulai dari toko online, tiap gerai di mal, hingga pameran tak mau ketinggalan. Barang yang harganya selangit mendadak turun drastis lebih dari separuhnya. Kesempatan emas bagi yang suka shopping. Tapi, benarkah diskon selalu sayang untuk dilewatkan?

Belanja atau tidak di musim diskon tetap Anda yang menentukan. Tapi pertimbangkan masak-masak sebelum mengejar potongan harga. Sebab belum tentu barang yang dibutuhkan sesuai dengan ekspektasi kita. Misalnya berkaitan dengan kualitas dan garansi yang tidak memadai. Anda juga bisa terjebak dalam kerumunan orang yang berebut barang. Ajang belanja murah jadi terasa tak nyaman.

Anda juga perlu menimbang ulang kondisi lain sebelum berbelanja. Berikut beberapa hal diantaranya.

Fungsi barang

Ajukan pertanyaan pada diri sendiri, apakah barang yang Anda inginkan memang dibutuhkan? Jangan-jangan Anda hanya tergiur dengan potongan harganya. Wajar memang saat melihat ada diskon, mendadak muncul hasrat untuk belanja. Tapi, sadari kembali bila memang barang belum tentu berguna, tahan ego. Kecuali bila Anda mau mengoleksi atau ingin memberikan hadiah untuk orang lain.

Boros

Barang yang sudah pasti murah tetap saja menambah daftar pengeluaran. Artinya Anda tetap harus membayar. Jika sebelumnya Anda sudah menyiapkan tabungan khusus untuk belanja akhir tahun tak masalah. Bahayanya adalah bila Anda mendadak belanja begitu saja tanpa perhitungan dan kalkulasi dengan matang. Awal tahun yang harusnya ceria, malah Anda jalani dengan dompet tipis dan tagihan yang membengkak.

Masih ada utang

Penuhi semua kewajiban sebelum Anda bersenang-senang. Tak elok rasanya bila ada tanggungan utang ke teman atau kerabat, tapi Anda belanja berlebihan hanya untuk meraih diskon. Apalagi jika Anda sudah lama menunggak pinjaman dengan berbagai alasan. Jangan pula lupakan untuk menutup utang kartu kredit terlebih dulu. Semakin lama Anda menunda pembayaran, akumulasi bunga juga semakin tinggi. Tenang saja, kesempatan untuk menikmati diskon masih banyak, tidak hanya di akhir tahun. Utang lunas, momen belanja lebih puas.

Mengejar gengsi dan tetap gaul

Mengejar gengsi dan tetap gaul sah-sah saja, selama koridornya tidak merugikan Anda. Begitu pula saat belanja. Lakukan belanja yang sehat dan terencana. Bukan mengambil barang hanya untuk nilai kepantasan di mata orang lain atau lingkungan sekitar. Tampillah apa adanya dan percaya diri saja. Penampilan yang pantas memang dibutuhkan dalam pergaulan, tapi mendewakan penampilan adalah suatu sikap yang sangat keliru.

Optimalkan barang di rumah

Tilik lagi apakah barang-barang di rumah masih berfungsi dengan baik. Sayang rasanya bila barang baru hasil belanja diskon ternyata mempunyai peran yang kurang lebih sama dengan barang yang sudah ada di rumah. Luas ruangan bisa terasa sempit dan sesak. Pun hadirnya barang tidak optimal dan bisa-bisa hanya sebagai pajangan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments