0211

Aneka Susu Nabati yang Sarat Manfaat

Alergi terhadap susu sapi bukan halangan tidak bisa minum susu. Karena umumnya, alergi terjadi karena tubuh kekurangan enzim untuk mencerna laktosa, bahan yang ada pada susu sapi. Alternatifnya, Anda bisa memilih susu nabati yang tidak mengandung laktosa.

Mayoritas susu nabati lebih mudah diterima tubuh oleh sebagian besar orang. Dibuat dari tumbuh-tumbuhan untuk menunjang kebutuhan protein Anda. Rasanya lebih segar (tak eneg) dengan tekstur yang lebih ringan. Jenisnya pun beraneka ragam. Susu nabati juga relatif tidak menyebabkan obesitas bila dikonsumsi cukup sering. Kandungan nutrisi dan manfaatnya juga  tak kalah dengan susu sapi.

Tidak ada aturan khusus untuk menikmatinya, asal tidak berlebihan. Dari sekian ragam yang ada, berikut beberapa jenis susu nabati yang bisa Anda coba di rumah.

Susu kedelai

Susu kedelai tidak asing lagi dan telah banyak dijual di pasaran. Harganya juga cukup terjangkau. Muatan proteinnya hampir sama dengan susu sapi. Di dalam susu kedelai juga terdapat serat. Cocok untuk Anda yang sering mengalami masalah pencernaan. Setelah susu disaring, endapan ampasnya juga berguna untuk lulur dan masker. Menjadikan kulit lebih terang dan mulus.

Susu almon

Dibanding jenis susu nabati yang lain, susu almon memiliki kadar protein yang lebih rendah. Namun mempunyai keunggulan dengan rendah kalori, rendah gula, rendah lemak, namun kaya vitamin E. Rasanya kadang sedikit hambar. Karena itu banyak produsen susu almon menambahkan gula untuk mendapatkan rasa yang lebih enak di lidah. Jadi, Anda perlu memilah susu almon yang tanpa atau mengandung sedikit gula bila ingin mengurangi konsumsi gula.

Susu beras

Banyak yang mengira bahwa susu beras atau tajin, hanya untuk anak bayi sebagai pengganti susu formula. Padahal manfaat susu beras juga perlu dirasakan oleh orang dewasa. Selain kaya akan vitamin B dan magnesium, susu beras juga kaya karbohidrat sehingga sering digunakan untuk sumber tenaga. Hanya saja, beras juga mengandung tepung yang tidak baik bagi penderita diabetes. Sebab kandungan gulanya cukup tinggi dan hanya disarankan minum satu gelas dalam sehari.

Susu kelapa

Susu kelapa atau akrab disebut santan, dalam dunia kuliner lebih sering menjadi bahan utama untuk memasak. Teksturnya yang kental memang kurang menyenangkan untuk diminum langsung. Mengandung lemak sehat, zat besi, serat dan vitamin. Meskipun kerap dijadikan kambing hitam penyebab kolesterol tinggi, susu kelapa terbukti dapat membantu sistem metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Manfaat susu kelapa yang lain adalah menyeimbangkan berat badan, meningkatkan sistem imun, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menyehatkan kulit serta rambut.

Susu bengkuang

Susu bengkuang memang belum terkenal. Untuk memperolehnya, Anda harus memarut bengkuang dan peras. Air perasan bisa langsung diminum atau diamkan selama sejam. Kaya akan fosfor yang baik untuk tulang. Susu bengkuang juga baik untuk mencerahkan kulit dan wajah. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments