2711

Peluang Untung Lewat Food Truck

Berjualan makanan menggunakan mobil bukan barang baru. Pedagang keliling tahu bulat dan penjual buah di pinggir jalan contohnya. Tapi sekarang muncul food truck. Konsepnya hampir sama, tetapi menawarkan kemasan yang unik. Cocok untuk Anda yang ingin menjajal bisnis baru. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis food truck bisa berhasil.

Pada 2009, majalah New York mencatat, berjualan di food truck menjadi tempat terhormat untuk calon koki melebarkan sayapnya. Konsumen tidak hanya mendapat sensasi yang berbeda, tapi juga kelezatan rasa dan kualitas makanan. Asosiasi Food truck Indonesia (AFI) menyebutkan food truck mempunyai peluang yang cukup besar di dalam negeri. Namun juga menemukan fakta, dimana 20%-30% food tuck gugur di dua bulan pertama operasionalnya.

Meskipun begitu, tak ada salahnya tetap mencoba. Siapa tahu dengan perhitungan yang benar Anda bisa meraih neguk  untung. Ketahui seluk beluknya sebelum membuka usaha, agar kalkulasi untung rugi bisa diperkirakan.

Modal

Modal yang dikucurkan memang tidak sedikit untuk membuka usaha food truck. Fasilitas paling banyak menyedot dana adalah mobil. Bentuknya bisa mobil box atau mini van. Untuk tahap awal sediakan kendaraan sesuai kemampuan modal Anda. Akali dengan mobil pickup atau membeli mobil bekas.

Anda juga memerlukan meja dan kursi, alat makan dan minum, perangkat masak, genset, dan juga karoseri (dekorasi mobil). Sediakan pula sejenis peneduh agar pelanggan tidak kepanasan.

Ijin

Usaha food truck termasuk dalam bisnis restoran. Lisensi izinnya diatur dalam Pasal 4 Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No 87 Tahun 2010. Namun, nyatanya izin food truck belum diatur dengan jelas. Umumnya pihak penyelenggara hanya memungut biaya sewa atau retribusi saat acara yang melibatkan food truck diadakan.

Menu khas

Identitas food truck adalah mempunyai tema makanan yang unik. Seperti burger hitam berbahan kluwek, ice cream nabati, sate khas negara luar, dan lainnya. Menu yang unik dan baru menjadi umpan agar calon pembeli setidaknya mau melirik dan tak ragu membeli. Meskipun banyak pula yang menawarkan dagangan yang sudah jamak dipasarkan.

Bergabung dalam asosiasi

Dengan bergabung dalam asosiasi, Anda akan menimba banyak ilmu dan pengalaman dari pelaku usaha yang lain. Anda juga diuntungkan untuk mendapat kemudahan informasi dan hal-hal terbaru mengenai perkembangan food truck. Terutama bila ada event dan pameran sebagai ajang mengenalkan usaha pada khalayak ramai.

Promosi

Promosikan menu Anda lewat media sosial. Sebutkan waktu mulai dan tempat food truck. Media sosial merupakan cara mudah dan murah karena food truck sering berpindah-pindah. Cantumkan pula akun food truck di mobil maupun kemasan agar mudah diingat dan menambah follower.

Risiko

Risiko terbesar adalah kesulitan mencari tempat mangkal, karena kendaraan tidak bisa ngetem seenaknya. Karena itu, food truck lebih sering ikut event dan bergerombol. Masalah lainnya adalah sistemnya yang outdoor. Bila hujan turun pengunjung akan sepi. Sedang menyediakan semacam peneduh belum tentu efektif. Isu lain yang sering dibahas adalah kebersihan dan minimnya akses air. Yakinkan pada pembeli bahwa dagangan Anda sehat dan layak untuk dikonsumsi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments