2611

Bekal Liburan Ke Daerah Musim Dingin

Liburan akhir tahun semakin dekat. Sesekali mencoba liburan ke negara yang sedang mengalami musim dingin bisa jadi pilihan. Jangan khawatir dengan suhu rendahnya yang menusuk tulang bila Anda sudah punya persiapan khusus.

Setelah paspor dan visa beres, alihkan perhatian pada bekal yang harus Anda bawa. Terutama pakaian untuk menghangatkan badan dan barang-barang lain yang dibutuhkan. Musim dingin memang bisa membahayakan bagi kita yang sudah terbiasa tinggal di iklim tropis. Hipotermia, infeksi hidung dan telinga adalah ancaman yang sering melanda.

Buat daftar barang-barang yang diperlukan dan cek kembali sebelum jam keberangkatan. Antisipasi lebih baik ketimbang sampai di negeri orang Anda kebingungan mencari barang-barang.

Kostum hangat

Dari urutan paling luar, Anda membutuhkan jaket atau coat. Sesuaikan dengan style yang Anda inginkan. Jaket membuat Anda tampil lebih sporty, sedang coat membuat penggunanya lebih elegan. Sebelum jaket, Anda perlu mengenakan sweater yang cukup tebal. Lapisan pertama yang paling menempel dengan kulit, yaitu pakaian dalam juga perlu perhatian khusus. Pilih pakaian dalam model longjohn, bukan sekadar lingerie atau pakaian dalam ukuran mini.

Kalungkan syal untuk menambah kehangatan pada bagian leher. Kupluk atau topi dari bahan tebal tapi ringan berguna mencegah rasa pusing akibat suhu dingin. Kupluk dari bahan polyester fleece lebih berkualitas karena dapat menyimpan suhu panas saat dikenakan. Jangan lupa, gunakan sarung tangan agar tangan tak menggigil kedinginan.

Aksesoris penting lainnya yang Anda butuhkan adalah earmuff. Penutup telinga mampu mengurangi rasa nyeri pada pendengaran karena suhu yang terkadang turun mendadak. Untuk sepatu, akan lebih baik bila Anda membawa model boots. Kuat, tidak licin, dan menghangatkan telapak kaki. Padukan dengan kaos kaki berbahan tebal guna mendukung langkah kaki tegap menjelajah banyak tempat.

Siapkan vacuum bag yang bisa di roll atau posisi duduk. Bermanfaat membuat jaket atau coat yang mengembang jadi hanya selapis. Koper tetap luas dan barang bawaan jadi tak berlebihan.

Alat penghangat

Ketika pakaian hangat dirasa belum cukup, heater portable bisa melengkapi. Tinggal cari sumber colokan listrik, nyalakan, dan nikmati kehangatannya. Hawa dingin yang hinggap setelah Anda seharian jalan-jalan di luar perlahan-lahan mulai hilang.

Obat dan vitamin

Selain obat pribadi karena riwayat penyakit tertentu, bawa obat yang sekiranya dapat mengatasi pilek dan radang. Suhu dingin bagi sebagian tubuh orang menimbulkan respon berupa zat bernama hestamine dan alergi yang berlebihan. Sikapi dengan konsultasi pada dokter dan temukan obat yang pas untuk antisipasi.

Vitamin juga berperan sebagai penolong agar Anda tetap fit selama menjalani liburan. Anda bisa menambahkan jahe instan dalam daftar, melindungi diri dari masuk angin.

Balsem dan krim pelembap

Oleskan balsem pada punggung dan tengkuk leher. Sifat panasnya segar menghalau dingin. Oleskan pula krim untuk bibir, agar tetap lembap. Gunakan pula pelembap wajah dan body butter pada tangan dan kaki agar kulit tidak kering dan bersisik.

Saat udara sangat dingin, disarankan Anda tidak terlalu sering mandi karena akan membuat kulit tubuh makin kering. Toh, Anda tidak banyak berkeringat seperti di negara yang beriklim tropis. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments